Masalah Inverter Laptop


Permasalahan yang sering timbul pada LCD laptop adalah laptop menyala normal hanya tampilan pada LCD adalah gambar samar-samar, hal ini disebabkan lampu neon (CFC bulb) yang ada pada LCD tidak menyala, penyebabnya adalah supply tegangan ke neon tidak ada akibat kerusakan pada inverter. Artikel mengenai inverter sudah saya paparkan pada artikel-artikel saya terdahulu, pada kesempatan ini saya akan jabarkan ulang secara singkat

Definisi Inverter secara umum adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC)  yang dihasilkan dapat di setiap diperlukan tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil  (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD  akan terlalu lemah. Dengan mengendalikan output dari inverter, laptop dapat menyesuaikan kecerahan dari layar. Beberapa jenis laptop inverter dapat melakukan ini secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan, dan menyesuaikan output yang sesuai.

LCD laptop diterangi oleh satu atau dua lampu neon tipis yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari pada komponen komputer lainnya. Inverter biasanya ditempatkan dekat dengan lampu, untuk menjaga kekuatan kabel yang pendek. Selain menggunakan inverter beberapa laptop menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya putih (LED). Laptop ini tidak memerlukan inverter sama sekali, karena LED dapat mengangkat cahaya LCD.

Seperti halnya komponen elektronik, kesalahan dapat terjadi dalam laptop inverter, terutama setelah bertahun-tahun digunakan. Gejala umum termasuk layar berkedip-kedip on dan off, layar tampak terlalu lemah untuk membaca, dan bahkan kadang-kadang samar. Perlu dicatat bahwa ada kemungkinan penyebab lain untuk semua gejala ini, yang terbaik laptop didiagnosis oleh teknisi profesional. Jika ditemukan rusak, laptop inverter biasanya bisa diganti.

Setiap model laptop akan memiliki desain inverter tertentu. Menggantikan inverter adalah relatif cepat dan murah, dan biasanya lebih efektif daripada diperbaiki. Proses penggantian hanya melibatkan mengeluarkan layar panel, mencabut inverter tua, dan menggantikannya dengan yang baru. Tetapi persolannya adalah desain / model inverter untuk setiap model dan tipe berbeda-beda, terutama untuk socket penghubung dengan vga card fleksibel.

21 Responses

  1. saya punya masalah LCD remang2, saya menggunakan Dell Inspiron 1525. saya udah coba mengganti inverter dengan inverter punya teman yang masih berfungsi, ternyata LCD masih tetap remang2..kira2 apa ya masalahnya…terimakasih…

  2. Mas laptop aku jika dinyalakan ada bunyi beep 4X trus layar /LCD gelap, kira2 apanya, trus letaknya dimana????

    tks

    • laptopnya merk n tipe apa mas ? kemungkinannya banyak, coba di tes dulu dengan monitor external, klu ada tampilan brarti masalah di LCD modulenya, tpi klu gak ada tampilan brarti masalah di sistem powernya, bisa jadi di mb nya

  3. mas,, ada jual inverter dell inspiron 1525 ga??

    butuh inverter itu

    mohon balas ke email

    • sy punya banyak stok, tpi untuk pastikan yg persis sama sebaiknya kirim inverter nya yg rusak, sebab jenis inverter banyak meskipun merek nya sama

  4. pak saya punya dell 1420…lcdnya kok bergetar kenapa ya???trus di bagian atas dan bawah ada 2 garis kecil warna biru dan merah….
    sebulum saya service mungkin bapak bisa kasih masukan ……

  5. mas… yang punya laptop sony vaio… windows nya normal tapi lcd nya remang- remang, disambung monitor external nggak mau nyala…. mohon saran nya…. terima kasih….. moho balas ke email saya……………….

  6. pagi mas..
    saya mau nanya nih, laptop acer 4520 layar nya ga hidup. tp di tes pakai monitor bisa. apa itu juga karena inverter?
    thx

    • kalau masih ada bayangan di lcd brarti inverter atau neon nya yg masalah
      tapi kalau ndak ada tampilan sama skali brarti lcd nya yg masalah
      cara terbaik harus di tes dgn lcd lain

      • saya sudah coba pakai inverter sejenis yg masih bagus. tapi tetap sama. kemudian di coba pakai LCD baru. tetap juga begitu. kayak nya kabel flexibel nya. tp menurut analisa saya kemungkinan juga masalah di mobo. jadi out put di mobo untuk ke monitor ok, tp yang ke LCD bermasalah. tapi saya mau coba tes pake kabel flexibel dulu. kalau ngak berarti board nya nih. bener gak begitu mas?

  7. laptop saya Jadul, Tecra8K. pada saat d ON, nyala, panel lampu indicator jg nyala, tp LCD saya tdak display. Biasanya, untuk kasus ini ‘Inverter-nya’ atau ‘LCD-nya’! Mohon pencerahannya…

  8. Selamat sore mas,..

    laptop saya acer 2920z aspire series, tampilan pada lcd tidak penuh…
    hanya setengah area lcd yang terpakai…

    tapi setelah kita goyang conector lcd ke motherboard kadang maw tampil normal lagi…

    kira2 apa ya masalahnya…??

    Terima kasih sebelumnya…

    • kemungkinan di kabel fleksibel, harus dicoba dgn kabel lain, kemudian tes juga lcd nya di laptop lain, klu masalah juga brarti lcd nya yg hrs diganti

  9. saya mau tanya…acer 4530 saya…..lcd nya cuma tampil setengah layar kenapa yah…..apa nya yang rusak…mohon bantuan nya

  10. siang mas
    laptop saya bs hidup normal tetapi lcd nya gelap
    kalo di tempat yg terang sih keliatan yang rusak inverter nya bukan ya mas. makasih

  11. mas…saya mau nanya laptop acer saya mous touchpactnya tidak berfung kiro2 apanya yang rusak mas???? mohon solusinya

  12. Mau numpang tanya om barangkali punya inverter satellite A55,kalo ada harganya berapa?

  13. Met malam, mas
    numpang tanya juga nih.. Laptp saya sony vaio model pcg-5J2L layarnya goyang. Udah coba sambung k monitor crt, gak goyang. Kira2 masalahnya apa ya, mas. Kabel flexibel atau lcd?

Leave a Reply

