Efektifkan Penggunaan Cooling Pad


Cooling Pad adalah sebuah alat untuk menjaga suhu laptop tetap dingin. Biasanya cooler pad ini mengandalkan fan / kipas yang meniupkan udara segar di bagian bawah dan body luar sebuah notebook. Hembusan angin segar dari kipas ini difungsikan sebagai pendingin di sekitar laptop sehingga laptop dapat bekerja pada suhu lebih rendah.

Sebenarnya laptop sendiri sudah didesain untuk dapat berjalan pada suhu panas. Processor yang digunakan pada sebuah laptop adalah jenis processor yang berbeda dengan yang digunakan pada dekstop (PC). Processor untuk laptop dikenal dengan nama processor mobile dan di disain lebih tahan panas, dan lebih rendah konsumsi listiknya. Tetapi beda dengan desktop PC yang memiliki lebih banyak ruang terbuka dalam casing, di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong.

Lalu apa alasan mengapa sebuah cooling pad dibutuhkan oleh sebuah laptop ? Biasanya alasannya antara lain karena ketidaknyamanan tangan akibat panas yang dihasilkan oleh laptop.

Sumber panas terbesar pada laptop adalah processor-nya (otak komputer). Seperti sudah disebutkan di atas bahwa sebuah laptop sudah memiliki fitur untuk mendinginkan dirinya sendiri. Teknologi yang digunakan antara lain :

  • Pendinginan dengan teknologi stepping speed processor, yaitu sebuah teknologi yang menurunan kinerja komputer untuk menghemat daya, dan meminimalkan suhu. Mungkin beberapa pengguna laptop sudah mengenal istilah sleep, idle, atau full load. Beberapa laptop memiliki software khusus untuk menurunkan kecepatan processor.
  • Pendinginan dengan cooler heatsink (lempengan alumunium di atas processor) yang dibuat mini dan ditanamkan pada bagian dalam notebook. Heatsink ini adalah cara pertama pendinginan di luar processor, sampai ambang panas tertentu (misal 50 derajat celcius). Jika suhu telah diluar ambang batas (misalnya suhu 51 derajat celcius dari maksimal 100 derajat celcius), maka sebuah sensor suhu akan mengaktifkan kipas / fan pendingin.
  • Pendinginan dengan kipas (Fan), yang pada laptop hanya bekerja misalnya ketika panas mencapai suhu tertentu (misal 50 celcius). Sensor akan mengaktifkan fan untuk menurunkan processor sampai titik balik suhu (dalam kasus ini kembali ke 50 C), dan fan akan mati untuk menghemat baterai notebook.

Walaupun processor dirancang untuk dapat bekerja pada suhu tinggi, namun panas yang dihasilkan processor ini merambat dari sisi processor ke seluruh sirkuit board di dalam laptop . Dan dampaknya akan menambah panas pada bagian lain seperti chipset dan memory.

Lalu bagaimana mendinginkan laptop / notebook agar tetap terjaga sehingga tidak terjadi overheating ? atau agar sebuah laptop / notebook dapat bekerja lebih lama dengan suhu lebih rendah ? Melihat dari struktur laptop sangat sulit menempatkan pendingin tambahan. Selain bentuknya yang kecil dan sudah padat komponen, ruang sempit di dalam laptop malah membuat suhu panas processor cepat sekali menyebar dan memberikan panas ke bagian lainnya.

5 Responses

  1. Assalamu’alaikum wr wb.
    salam kenal pak
    terima kasih atas semua artikel yang sangat bermanfaat
    permasalahan overheating adalah permasalhan yang saya alami karena saya memakai processor AMD (satellite A215-S7422) kadang saking panasnya NB saya sering mati mendadak saya kuatir jika overheating ini akan mempengaruhi komponen yang lainnya,cooling pad dapat menahan overheating meskipun tidak begitu sempurna jika suhu udara di luar juga panas maka tetap aja akan mati mendadak,saya ingin coba bersihkan processornya mungkin sirkulasi udaranya yg kurang baik karena tertutupi debu,saya mohon bapak dapat memberikan petunjuk untuk bongkar NB saya.selain itu apalagi yang bisa saya coba lakukan pak menurut pengalaman bapak terima kasih sebelumnya

    • Waalaikum Salam. Wr. Wb
      Salam kenal juga pak,
      Masalah overheating pd AMD adalah hal yg biasa, disebabkan struktur ion pada proc. AMD yg memang bergerak sangat cepat dan menimbulkan panas berlebih, AMD memang sangat cocok untuk aplikasi berat, frafis, game, dsb. Untuk mengimbangi panas berlebih tsb, sistem pendinginnya juga biasanya lebih bagus dri Intel. Seiring waktu, dan penggunaan, dan perawatan yg kurang tepat, kualitas coolingfan jg menurun, diakibatkan debu, sistem sensor, motor servonya.
      Solusinya, MInimal membersihkan nya dari debu, atau skalian menggantinya. Bisa juga menggunakan software, salah satunya CPU Idle untuk mengontrol kinerja Proc. Setting ke minimal, dampaknya kinerja menurun, tapi imbangi dgn memori yg tinggi.
      Gunakan cooling pad yg BERKUALITAS, yg bagus adalah yg terbuat dr aluminium, aluminium ini menyerap panas dari heatsink proc. dan logam ini didinginkan dgn fan external. BAnyak coolingpad yg dijual dgn harga murah yg terbuat dr akrilik dan fan yg pake lampu warna warni, itu gak ada gunanya, krn akrillik tdk menyerap panas, dan posisi fan kadang tidak tepat berada dibawah heat sink proc.
      Cooling pad ini memang harganya agak mahal, di atas 150 rb, tp sebanding dgn utilitasnya, mereduksi panas dr processor agar tdk menjalar ke komponen lain pada mainboard.
      Detil untuk dissasembly toshiba satellite A215 bisa di download di http://www.laptoprepair101.info atau di http://www.irisvista.net, prosedurnya memang gitu, sebaiknya mencari service manual dr internet
      Semoga membantu, Wassalam

  2. Terima kasih banyak pak, informasinya sangat membantu semoga ilmu bapak makin bertambah..amin,..saran bapak untuk menggunakan heating yg dr alumunium akan saya coba
    tapi maaf pak link yang bapak kasi error🙂 atau mungkin saya yg salah klik yah🙂,sekali lagi terima kasih.blog ini akan menjadi tempat kunjungan wajib saya jika online he he he

  3. saya ingin bertanya..untuk cooling pad dengan 2 kipas..sirkuit board apa ya yang cocok digunakan?terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: