Membagi Partisi Laptop Toshiba


Untuk membagi partisi pada notebook toshiba berbasiskan windows Vista, saya pernah mengalami kesulitan beberapa waktu yang lalu. Saya coba pakai program powerquest partition magic, ternyata program itu tidak jalan di windows vista kemudian saya coba memakai partisi bawaan windows Vista yaitu dari control panel—> administrative tool—> computer management–> disk management. Cara ini bisa, tapi kita tidak bisa membagi partisi sesuai kehendak kita. Karena windows lah yang menentukan ukuran partisi yang kita inginkan. Setelah mencoba dan mengutak-atik beberapa lama, Saya temukan program Paragon partition manager. Program ini berjalan di windows vista, tapi ada beberapa kendala, untuk jenis notebook toshiba jenis baru yang punya hardisk diatas 160gb, program ini malah tidak mengenali hardisk, alias menyatakan hardisk invalid. Saya coba cara kedua dan ternyata berhasil yaitu:

  1. Saya kurangi dulu ukuran hardisk di drive C alias membaginya memakai cara control panel—> administrative tool—> computer management–> disk management. Setelah hardisk berhasil terbagi menjadi dua partisi lalu diikuti langkah kedua.
  2. Saya buka program paragon parttion manager, ternyata hardisk sudah bisa dikenali, Nah, langkah selanjutnya menjadi mudah. Kita bisa membagi partisi hardisk sesuai keinginan kita

11 Responses

  1. om, klo di notebook acer caranya gimana. sya pakai xp sp3…mohon bantuannya, saya udah bingung nih,,,,

    • kalau untuk xp sp3, pake powerquest partition magic atau paragon partition manager, cara di atas hanya untuk win vista, untuk merek acer atau merek lain gak ada masalah

  2. mas saya pakek thosiba windnws 7 32bit. . . apakah caranya sama? ?

  3. Kalau untuk menambah kapasitas drive c dngan mengambil pada hardisk gmn cranya?

    • nambah kapasitas drive c dari drive d pake partition magic bisa, tapi hati2 jangan sampai power loss atau hardisk eror, klu itu terjadi bisa2 datanya jadi hilang, bisa baca artikel saya yg lain : Hati-Hati Menggunakan Partition Magic

  4. kalo saya pake notebook toshiba 7 32 bit, pake partition wizard..
    pas uda di move/resize terus gabisa di create partisi yang barunya..trus ada bacaan “cannot create partition no MBR”,maksudya apa ya??mohon bantuannya..

  5. mas, kalo saya punya laptop toshiba L645 pake windows 7, baru beli. itu cara bagi partisinya bagaimana..????…
    soalnya yang ada cuma partisi C saja.. tolong mas ya…

    • coba Paragon partition manager

      • maaf mas cara software itu dah coba saya pake……partisi C emang bisa di kurangi….tapi buat create partisi baru di sisa hardisk gak bisa mas!!!!itu pengalaman saya……ada solusinya gak mas????

  6. Mas, saya bingung saat merecovery toshiba M100????
    bagaimana caranya untuk membagi/partisi harddisk. karena bawaan hanya satu tak terbagi????
    tolong bantuannya…di step recovery gak ada step mempartisi
    terima kasih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: