Netbook Kini Makin Pintar


Setelah mendapat image jelek karena hardware loyo serta keyboard yang tidak nyaman, serta performa yang sama saja dengan Pentium 3 seandainya tidak di tambahkan memori 1 GB, netbook menjelma menjadi wujud baru. Beberapa bulan terakhir, layar netbook makin lebar, grafis lebih tinggi, keyboard lebih besar serta makin pintar.

Netbook kini mampu memainkan film definisi tinggi, misalnya lewat netbook baru Lenovo IdeaPad S12. Produsen terbesar kedua di dunia, Asus bulan ini juga telah mengenalkan Eee PC T91 netbook pertama yang memiliki layar sentuh.

Di luar Windows, Acer mengumumkan rencananya untuk menggunakan Google Android pada netbooknya yang memberikan kelebihan internet lebih baik dari perangkat lain yang ada.

Satu kekurangan fatal netbook yaitu grafis yang loyo juga telah terjawab. Lenovo mengatasi masalah itu dengan netbook baru IdeaPad S12. Netbook dengan layar 12 inci mampu menjalankan film definisi tinggi secara penuh.

Hal itu berkat chip powerful Nvidia yang sudah menyertainya. Prosesor itu merupakan bagian dari paket chip Nvidia yang disebut platform Ion, menyandingkan grafis GeForce 9400 dengan prosesor netbook Intel Atom.

Tapi anehnya, Lenovo tidak menyediakan optical drive, misalnya blu-ray atau setidaknya DVD drive di netbook itu. Tapi user dapat membeli blu-ray eksternal atau mendownload film definisi tinggi dari internet.

Sebelum menyediakan sistem grafis Ion ke pasar, Nvidia telah mengenalkan netbook S12 dengan grafis Intel terintegrasi. Sistem itu akan tersedia pada Juni, dengan harga mulai dari US$ 449 di pasar internasional. Model dengan Ion akan tersedia beberapa bulan kemudian, sementara harganya belum diungkapkan.

Hanya sedikit netbook yang memiliki layar sentuh secara eksklusif. Tapi Asus telah menawarkan netbook Eee PC T91 dengan kemampuan layar sentuh yang sudah diperkenalkan Januari lalu. Netbook itu memiliki layar 8,9 inci layar sentuh, dimana user dapat melakukan berbagai hal misalnya saja menulis memo di layar.

Netbook itu ditenagai prosesor Intel Z520 berkecepatan 1,33GHz dan didukung memori 1GB dan penyimpanan 82GB. T91 memiliki berat hanya 0,96 kilogram dan menawarkan lima jam daya tahan baterai dalam satu kali charge. Netbook ini datang bersama dengan GPS optimal dan perangkat untuk broadband mobile serta menjalankan Windows XP.

Selain itu Acer juga telah menunjukkan netbook Aspire One pertama dengan sistem operasi Android. Keindahan sistem operasi ini menurut Acer adalah kekuatan wirelessnya. Acer mempertimbangkan Microsoft Windows akan tetap ada di sebagian besar laptop, namun juga ingin menaruh Android.

Jadi konsumen apa yang akan lebih memilih Android daripada Windows? Tampaknya user yang sudah biasa menggunakan Android di smartphone akan memilih netbook ini. User akan diuntungkan dengan adanya pengolah kata tapi menggunakan aplikasi online semacam Google Docs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: