Review : Lenovo G410 vs Compaq Presario CQ 40


Ini catatan saya beberapa minggu lalu yang belum sempat saya publish. Dua orang rekan saya membeli notebook dan membawanya pada saya untuk masalah instalasi OS. Yang satu datang dengan membawa Lenovo G410 sementara yang lain membawa Compaq Presario CQ40. Kedua notebook ini harganya hampir mirip & masih berada dalam kelas yang sama; low end notebook. Saya buat tulisan ini untuk sedikit me-review kedua notebook ini. Boleh percaya boleh tidak silakan tentukan sendiri pendapat Anda.

Lenovo G410 ini dijual sekitar 6 juta rupiah. Modelnya sangat klasik, mengikuti tradisi desain notebook IBM. Berkesan kotak dan kaku. Seperti

tradisi desain notebook IBM, sisi layar dibuat menonjol sehingga saat layar ditutup tidak ada celah di antara layar dan keyboard yang memungkinkan debu untuk masuk. Bagi Anda yang mempertimbangkan model dalam memilih notebook, Lenovo G410 mungkin akan terlihat kurang menarik. Untuk ukuran notebook berlayar 14″, body G410 cukup tebal dan lumayan berat. Notebook berbobot lebih dari 2 kilogram pasti terasa beratnya. Karena menekan harga, Lenovo hanya memasangkan DVD Combo (DVD ROM + CD-RW drive). Optical drive-nya hanya bisa membaca DVD, tidak bisa dipakai untuk burning DVD (hanya bisa burn CD). Jaman sekarang rasanya aneh membeli notebook tanpa kemampuan menulis DVD seperti ini.

G410 ini juga tidak memiliki webcam. Untuk harga sekitar 6 juta rupiah, notebook merek lain sudah dilengkapi dengan webcam. Berikut adalah spesifikasi teknis Lenovo G410 ini :

  • CPU Intel Dual Core T2390 1.86GHz
  • Memory 1GB
  • Harddisk 160GB
  • DVD Combo
  • LAN 10/100Mbps
  • Wifi 802.11g
  • Modem 56Kbps
  • Layar 14″
  • Slot memory card (MMC, SD)

Dalam paket penjualannya, Lenovo hanya menyediakan CD driver untuk Windows Vista. Meskipun tidak dilengkapi dengan driver untuk Windows XP, hampir semua driver yang ada bisa dipakai di Windows XP. Untuk masalah performa, Lenovo G410 ini cukup handal. Walaupun dipakai terus menerus, notebook ini relatif tidak panas. Bagi saya pribadi, tidak adanya internal webcam dan bluetooth tidak terlalu menjadi masalah. Kekurangan yang cukup mengganggu saya adalah ketiadaan DVD-RW.

Compaq Presario CQ40 ini harganya sekitar 7 juta rupiah. Ini adalah notebook yang paling rewel yang pernah saya pegang. Keyboard-nya tidak nyaman digunakan, apalagi touchpad-nya. Sulit menggerakan jari di atas touchpad Compaq ini…terasa “kesat” (apa ya bahasa Indonesianya??? ya pokoknya kurang smooth deh) Berikut ini adalah spesifikasi teknis Compaq Presario CQ40 :

  • Prosesor Intel Pentium Dual Core T3400 2.16GHz
  • Memori DDR2 1GB
  • Layar 14″ wide screen
  • Harddisk 160GB
  • Wifi 802.11 b/g
  • LAN 10/100Mbps
  • Modem 56Kbps
  • DVD RW dual layer (with Lightscibe technology)
  • Webcam
  • 5 in 1 digital media reader (slot memory card)
  • Speaker Altec Lansing

Ingin menggunakan Windows XP dengan Compaq tipe ini? Jangan harap gampang, lupakan Compaq Presario CQ40 jika Anda ingin menggunakan Windows XP. Dari awal instalasi Windows XP saja, saya sudah menemui kendala. CQ40 ini benar-benar dirancang untuk Windows Vista. Awal booting dengan CD Windows XP, saya dapat eror blue screen dan harddisk-nya tidak dikenali (Compaq ini menggunakan harddisk tipe SATA). Saya harus melakukan remastering pada CD Windows XP saya untuk memasukkan driver SATA. Masalah instalasi pun bisa diselesaikan. Muncul masalah berikutnya ketika menginstal driver untuk tiap perangkat. Saya harus download semua driver dari webnya HP/Compaq. Proses download berlangsung super lambat, padahal koneksi Speedy saya cukup bagus…mungkin lambat di sisi servernya. Yang paling sulit adalah menginstal driver untuk sound card. Dua hari dua malam saya utak-atik notebook ini, nyerah juga akhirnya. Saya pasangi saja Windows Vista ke dalam Compaq CQ40 ini (Compaq hanya menyediakan CD driver untuk Windows Vista). Banyak tips yang saya baca di Internet soal Compaq CQ40 ini, masih ada 1 tips yang belum saya coba : melakukan downgrade BIOSnya. Halah….terlalu beresiko, salah-salah bisa mati total.

Keunggulan CQ40 ini dibandingkan Lenovo G410 terletak pada internal webcam dan DVD-RW. DVD-RW yang terpasang termasuk canggih, sudah dilengkapi dengan teknologi Lightscribe. Dengan teknolgi Lightscibe, Anda bisa mencetak cover CD/DVD langsung di atas kepingan CD/DVD. Teknologi ini hanya bisa dipakai jika Anda menggunakan keping CD/DVD khusus (yang bagian atasnya bisa dicetak dengan teknologi Lightscribe). Oh ya speaker CQ40 cukup bagus, dipasangi speaker Altec Lansing loh.

Head to head Lenovo G410 & Compaq Presario CQ40, saya lebih memilih Lenovo G410. Dengan segala kekurangan Lenovo G410, tetap saja rasanya kurang worthed kalau saya memilih CQ40 dengan segala kerepotannya itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: