Akankah Smartbook menyingkirkan Netbook?


Sejauh ini performa dan popularitas Netbook seakan tak pernah surut, hampir tiap minggu berbagai pabrikan komputer meluncurkan Netbook baru. Tercatat juga bahwa Netbook adalah salah satu perangkat komputer yang paling laris dengan tingkat penjualan tertinggi sepanjang sejarah. Namun sampai kapankah kejayaan Netbook terus menguasai pasaran komputer?

Beberapa waktu lalu terhembus kabar bahwa salah satu perusahaan teknologi rakasasa akan segera memperkenalkan Smartbook, perusahaan tersebut adalah Qualcomm yang telah lama dikenal sebagai perusahaan komunikasi wireless. Smartbook sendiri dibuat sengaja untuk menantang dominasi Netbook dengan fitur dan bentuk yang lebih menarik. Bukan hanya itu saja, Qualcomm juga menyertakan chipset canggih didalamnya yang mereka sebut Snapdragon. Seperti apakah chipset buatan Qualcom tersebut? Yang pasti chipset tersebut diklaim mampu memadukan semua kelebihan Smartphone dan Netbook menjadi suatu perangkat yang disebut Smartbook.

Salah satu fitur Smartbook adalah menghadirkan koneksi internet menggunakan jaringan seluler. Selain itu kita tidak perlu menunggu waktu lama saat menyalakannya, lain halnya dengan Netbook yang terkaadang lama karena masih sepenuhnya menggunakan basis CPU. Smartbook juga mampu bertahan hingga 10 jam dengan sekali charge. Fitur-fitur ini tentu saja seakan-akan sengaja untuk menyudutkan kemampuan Netbook.

Smartbook nantinya aakan diproduksi dengan dua ukuran, yang lebih kecil akan berbentuk seperti tablet PC, sedangkan yang lebih besar tidak akan jauh berbeda dengan laptop atau Netbook pada umumnya. Perkiraan rentang layar Smartbook antara 5-inch hingga 12-inch.

Satu hal lagi yang menarik dari pengembangan Smartbook, sampai saat ini tercatat sudah ada sekitar 15 produsen teknologi yang akan turut memproduksi Smartbook hingga akhir tahun ini, nama-nama besar seperti Acer, Samsung, LG, HTC, dan Asus juga ada didalamnya. Qualcomm yakin tahun ini chipset Snapdragon sudah dapat dinikmati di berbagai produk yang akan segera dirilis. Qualcomm yang merupakan produsen chip ponsel sangat berharap perubahan ini dapat diterima konsumen Smartphone dan Netbook secara luas.

Qualcomm menyebutkan bahwa pada dasarnya Netbook adalah laptop yang turun kelas, namun Smartbook adalah Smartphone yang naik kelas dengan menggabungkan fungsionalitas Smartphone dengan Netbook. Qualcomm juga menyatakan bahwa Smartbook tidak membutuhkan kipas pendingin. Sehingga nantinya desain dan ukuran Smartbook akan lebih mungil dan menarik, dan tentu saja beratnya pun dapat ditekan hingga rata-rata kurang dari 1 Kg dengan ketebalan hanya 20 milimeter.

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: