Ramai-ramai menurunkan harga Netbook


Hingga hari ini pangsa pasar netbook semakin meluas. Hampir semua vendor laptop telah meluncurkan produk-produk andalan mereka masing-masing untuk saling bersaing memperebutkan hati konsumen netbook. Berbagai inovasi telah dilakukan oleh tiap vendor untuk menjadi yang terbaik, dan kita sebagai konsumen tinggal memilih, mana netbook yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kita.

Beberapa hari lalu ada sebuah kabar gembira dari dua pabrikan netbook ternama, Hewlett-Packard Co. dan Acer Inc. Keduanya diberitakan akan menurunkan harga netbook mereka. Rencana ini menyusul setelah diketahui bahwa kedua pabrikan netbook ini akan meningkatkan penjualan netbook mereka untuk pangsa pasar pelajar. Masing-masing memotong harga netbook baru mereka, Acer menurunkan harga Aspire One sebesar USD 50, baik untuk versi Windows maupun Linux. Sementara HP membuat harga baru untuk Mini-Note, yang diumumkan secara resmi di websitenya. Langkah kedua vendor laptop raksasa tersebut mungkin akan menjadi inspirasi bagi vendor-vendor lain. Sehingga bukan tidak mungkin untuk kedepannya harga netbook akan bertambah murah dan semakin banyak penggemarnya.

Netbook merupakan sebuah PC dengan bentuk laptop berukuran mini, yang pada awalnya diproduksi untuk tujuan pendidikan, yaitu ide one laptop per child. Namun pada perkembangannya pangsa pasar netbook justru semakin meluas dan berkembang sangat cepat dan akhirnya menjadi tren baru di dunia laptop tahun-tahun ini. Netbook pada umumnya memiliki berat yang sangat ringan, dan komponen-komponennya didesain khusus sehingga dapat menghemat penggunaan baterai. Pada umumnya netbook digunakan untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi atau yang mendambakan second PC, biasa dipakai untuk surfing atau bekerja dengan dokumen word.
Mini Note dan Aspire One sama-sama mempunyai layar berukuran 8.9”. Mini-Note yang ditawarkan dengan harga sekitar USD 1000 kini dapat di bawa pulang dengan harga sekitar USD 789. Mini Note yang dilengkapi dengan Ram 2GB serta hardisk 160GB ini akan tetap menggunakan processor 1.2-GHz Via C7-M. Sementara Acer Aspire One yang menggunakan processor 1.6-GHz Intel Atom ini masih menggunakan 3-cell battery saat peresmian harga baru ini diumumkan. Pihak Acer belum mengkonfirmasikan sampai kapan perubahan harga ini berlangsung, apakah hanya beberapa waktu saja, atau akan tetap dengan harga seperti itu untuk seterusnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: