Panduan Memilih Mini Notebook


Bagi beberapa konsumen, harga merupakan faktor yang paling utama, namun harga tetap tidak dapat menentukan kualitas suatu laptop. Murah, ringan, dan berkualitas adalah syarat sesungguhnya mini notebook yang baik. Mini notebook merupakan kategori baru di kancah pasaran laptop, dengan sistem operasi yang standar dan dapat anda masukkan ke dalam tas kemudian anda bawa kemana saja. Biasanya laptop jenis ini mempunyai berat kurang dari 1,5 kg, dibekali dengan prosesor awet batterai keluaran Intel atau VIA, layar berukuran antara 7”-10”, RAM 512MB sampai 1GB, hardisk solid state atau standar, dan sistem operasi Linux ataupun Windows.

Mini notebook mempunyai beberapa kekurangan yang menjadi konsekuensi karena ukurannya yang kecil, sehingga anda akan cukup sulit untuk menemukan prosesor dual-core bisa tertanam di dalamnya, ataupun graphic card hebat yang terselip. Namun anda tetap dapat membelanjakan uang anda setimpal dengan apa yang anda dapat, sehingga anda akan terhindar dari membeli kucing dalam karung. Dengan banyaknya vendor-vendor yang masuk ke pasaran ini makin banyak pula mini notebook sebagai pilihan. Sehingga apabila anda merasa sedikit kesulitan untuk menentukan mini notebook mana yang akan anda beli, mungkin kami bisa sedikit membantu dengan memberikan sejumlah pertimbangan. Berikut ini tips panduan memilih mini-notebook. Selamat membaca dan selamat ber mini-notebook ria.
1. Ukuran Keyboard dan Layar
Mini notebook memang sudah dikodratkan mempunyai layar yang kecil. Namun memilih layar yang berkualitas dan nyaman untuk mata adalah suatu keharusan. Pada umumnya layar mini notebook berkisar antara 7” (seperti pada Axioo Classmate) sampai 10” (MSI Wind U100, Axioo Pico). Resolusi yang tinggi untuk layar yang kecil merupakan faktor yang sangat penting, karena pada kondisi tertentu seperti saat membuka web page, apabila resolusinya hanya 800×480 tentu anda harus melakukan scroll berulang kali. Tapi anda tak perlu kawatir, pada mini notebook keluaran terbaru sudah tersedia resolusi yang lebih nyaman, 1024×600. Sehingga anda dapat melihat isi web seperti menggunakan laptop full-size.
Sama halnya dengan ukuran layar, ukuran keyboard juga perlu diperhatikan. Karena ukuran tangan anda sudah tak sekecil ukuran tangan anak-anak lagi. Sebenarnya sudah pasti ukuran keyboard dan ukuran layar akan sejalan. Beberapa netbook memiliki ukuran keyboard yang hampir sama dengan ukuran keyboard full size, seperti pada Acer Aspire One (89% dari keyboard full-size), HP 2133 Mini-Note (92%), dan MSI Wind NB (92%). Yang penting susunan tiap tombol pada keyboard, apakah telah nyaman menurut tangan anda.
2. Sistem Operasi
Linux: Untuk sistem operasi, Linux adalah salah satu pilihan terbaik untuk mini notebook, anda bisa memilih banyak jenis dan tidak terlalu meminta kapasitas hardware yang tinggi. Beberapa mini notebook sudah dibekali dengan sistem operasi ini, Linpus Linux (Acer Aspire one), dan Xandros Linux (ASUS Eee PC).
Linux pada dasarnya dapat mengurangi dengan cukup signifikan kemungkinan notebook anda terserang oleh malware, dan sebagian vendor mini notebook telah mendesain tampilan user interface pada sistem operasi ini sehingga dapat digunakan dengan sangat mudah. Namun beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah, ketika anda ingin menambahkan aplikasi favorit anda kemungkinan akan lebih sulit dibandingkan dengan Windows, dan cukup banyak aplikasi yang tidak compatible dengan Linux.
Namun jangan sedih dulu, ada kabar yang menyatakan bahwa salah satu vendor Linux, Ubuntu, dalam waktu dekat ini akan meluncurkan Ubuntu Netbook Remix. Yang di desain untuk Intel Atom processor yang digunakan pada mini notebook. Sehingga ini akan menjadi varian Linux yang dipakai secara universal pada sebagian besar mini notebook kelak.
Windows: XP merupakan seri Windows yang paling sering dipakai pada mini notebook, namun HP telah menawarkan Vista pada HP Mini Note 2133. Jika anda menggunakan Windows sudah dapat dipastikan laptop anda akan sangat mudah dan compatible untuk berbagai aplikasi yang ada. Namun tentu saja akan bisa sangat rentan terhadap malware. Sehingga wajib hukumnya anda mempersiapkan antivirus terbaru.
3. Processor
Sampai saat ini, ada dua perusahaan yang tengah memproduksi dan menciptakan processor yang tangguh dan hemat baterai, Intel dan VIA. Intel mengawali produknya dengan Intel Celeron M processor (900 MHz), dan kemudian menggantinya dengan processor yang lebih cepat dan efisien, Atom chips (800 MHz to 1.8 GHz).
Sementara VIA menawarkan C7-M processors (1.0 GHz – 1.7 GHz) yang performanya mungkin di bawah Intel processor namun kecepatannya sedikit di atasnya. Dan belum lama ini VIA mengeluarkan produknya dengan Nano platform (1.0 GHz to 1.8 GHz), yang diluncurkan untuk menyaingi Intel Atom dengan menawarkan performa dan daya tahan yang lebih baik dari versi sebelumnya.
4. Tipe Storage
Banyak notebook menawarkan antara hardisk standar atau solid state flash drives, dan keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing yang patut anda pertimbangkan. HDD atau hardisk standar cenderung memiliki kapasitas yang besar (MSI Wind menawarkan 80GB dan HP Mini Note 120GB) namun yang perlu menjadi pertimbangan penting adalah tipe ini rentan akan goncangan dan mudah rusak apabila terjatuh. Sementara SSD atau solid state drive mempunyai kecepatan akses data yang lebih cepat dan cenderung tetap dingin. Namun karena SSD saat ini masih terhitung mahal, mini notebook hanya dibekali dengan SSD berkapasitas kecil.
Apabila menurut anda kapasitas sebuah storage lebih penting, pilihan anda jatuh pada HDD. Namun apabila anda lebih memprioritaskan proteksi pada data anda dari kemungkinan jatuh atau terkena goncangan keras. Dan performa yang lebih baik, saya menyarankan SSD menjadi pilihan pertama anda.
5. Jumlah Port
Apabila anda menginginkan mini notebook anda memiliki kemampuan untuk dapat berinteraksi dengan berbagai piranti eksternal seperti digital camera, mp3 player, atau eksternal monitor anda harus memperhatikan mini notebook tersebut apakah memiliki ports yang cukup dan mensupport semua piranti-piranti digital anda. Pada umumnya mini notebook ditanami dua atau tiga port usb 2.0, port VGA, dan memory card slot. Ada juga yang menambahkan ExpressCard port (untuk memakai mobile broadband card) seperti pada HP Mini Note. Sedangkan Quantel memberikan PCMCIA slot.
6. Kualitas Webcam
Banyak mini notebook yang beredar dilengkapi dengan webcam, baik dengan kualitas camera 0.3MP sampai 1.3MP, yang dapat anda gunakan untuk video chatting dengan teman atau kerabat. Pada umumya semakin besar kualitas camera, maka semakin tajam pula image yang dapat ditampilkan. Namun itu bukan ketetapan baku. Karena kami telah mengetes berbagai jenis mini notebook dan salah satu yang terbaik adalah Webcam milik Acer Aspire One, yang ternyata hanya menggunakan webcam 0.3MP, dan dapat mengalahkan mini notebook lain yang berkualitas 1.3MP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: