Pilih Laptop Berdasarkan Kebutuhan


Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan kita semua. Bahkan sudah menggantikan fungsi PC Desktop. Baik untuk pengetikan kebutuhan kantor, perkuliahan,  editing foto,  desain grafis, presentasi , game  , blog ,  facebook,  browsing ,  high video editing.

Dari semua fungsi kadang orang ditanya bingung mau beli yang ukuran berapa ya ?. Karena ukuran layar menentukan berat. Masalah berat berhubungan dengan mobiltas. Biasanya sesuai ukuran laptop menjadi berat nah, ini juga harus dipikirkan, karena kalau kita mobile atau sering pindah akan merepotkan sekali membawa laptop seberat 5 kg + adaptor + tas bisa total 8 kg. Untuk itu usahakan laptop yang kita pakai dipisahkan dengan fungsi yang ada hubungan dengan pekerjaan editing yang butuh layar besar,  sehingga pekerjaan bisa dilakukan dirumah dengan PC desktop atau kantor, dan bisa dibawa menggunakan flash disk untuk presentasi baru di view melalui laptop, sehingga kita tidak perlu membawa beban berat tiap hari. Kalau untuk nongkrong di kafe atau warkop dengan fasilitas free hotspot, netbook dengan ukuran 10 ” sudah cukup.  Pendapat saya sesuaikan view display kita, misal editing berarti butuh layar yang besar,  kalau presentasi atau sekedar kebutuhan internet pilih ukuran kecil saja.

Ukuran display mulai dari 7 ” (Eee PC Asus, Anote Noah, etc), netbook ukuran8.9 ” – 10.1 “. Ukura standar 12 – 15 “. Kalau untuk yang besar bisa mulai dari 17 inch dari Mac Book / Pro atau Intel Base (HP Pavilion, Toshiba Qosmio, etc).

Pemilihan jenis Laptop Mac dari Apple sebaiknya digunakan untuk desain grafis, multimedia, video editing, karena hardware dan software sangat mendukung untuk kebutuhan tersebut. Tampilan di LCD sangat true view, true bright, dan realible. Performa sangat powefull dan stylish. Bahkan beberapa iklan, video klip di layar kaca sering menggunakan produk ini. Tipe ini dari segi harga masih di atas rata-rata, software yang mendukung juga terbatas dan mahal. Spare part juga terbatas dan mahal. Sistem operasi yang digunakan adalah MacOS. Jadi kurang familiar untuk newbie yang terbiasa dengan produk Microsoft. Pada kesempatan lain saya akan membahas Laptop Mac ini secara khusus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: