Penggantian / Upgrade Spare Part Laptop


Perbedaan mendasar antara PC dan laptop ditinjau dari sisi hardware, adalah pada PC hampir semua bagian bisa diganti atau di upgrade. Terutama untuk PC rakitan, mulai dari mainboard, processor, memori, VGA Card, sound card, Hardisk, power supply, optical drive, Wifi Card, Modem Card, LAN Card, Bluetooth, kabel-kabel, konektor, keyboard, casing, monitor, dsb.

Pada laptop yang 90 % adalah branded, dimana setiap brand berbeda spare partnya. Yang memiliki kesamaan dan bisa diganti adalah:

–         Hardisk : hampir semua laptop memakai hardisk ukuran 2.5”. Untuk laptop lama masih menggunakan tipe ATA sementara yang baru menggunakana SATA. Beberapa tipe laptop khususnya mini laptop menggunakan hardisk yang lebih kecil, ada juga yang menggunakan SSD (Solid State Disk) dengan kapasitas mulai 4 GB (contoh : Asus seri EEEPC).

–         Memori : Tipe SODIMM, yang terbaru sudah memakai DDR3, kebanyakan masih DDR2, sementara yang model lama menggunakan DDR.

–         Optical Drive (DVDRW, Combo, CDROM): Rata-rata menggunakan model yang sama, yang perlu diperhatikan adalah posisi konektor nya, cari yang sesuai termasuk posisi sekrup penguncinya. Apabila mengalami kesulitan mencari yang sesuai bisa digunakan ODD eksternal USB atau PCMCIA

–         Processor : pada beberapa tipe bisa diganti dengan menggunakan processor untuk PC yang penting socketnya sama, tetapi biasanya cepat panas. Sebaiknya menggunakan processor mobile yang lebih hemat energi.

–         Mainboard : penggantian harus yang identik, merek dan seri. Dalam mainboard ini sudah terintergrasi VGA card, sound card, power supply, Card Reader, LAN Card.

–         Keyboard dan touchpad : penggantian harus identik, bisa juga menggunakan keyboard dan mouse USB

–         Wifi Card : bisa diganti asalkan sesuai biasanya menggunakan slot WWAN. Cara lain dengan menggunakan eksternal Wifi USB atau PCMCIA.

–         LCD Modul : Bisa diganti, yang penting sesuai ukuran, inverter harus yang identik.

Secara umum yang paling sering diganti adalah memori dan hardisk, ini bisa dilakukan dengan mudah oleh orang awam sekalipun.

Cara yang paling bijaksana adalah menggunakan device yang eksternal baik melalui USB, PCMCIA, atau express card.

PCMCIA merupakan slot tambahan khusus pada laptop, kalau pada PC kita kenal slot PCI yang terdapat pada mainboard. PCMCIA bisa mendukung untuk : Modem, Optical Drive, LAN Card, Wifi, Modem Wireless, Sound, dsb. Express card sama fungsinya dengan PCMCIA hanya bentuknya lebih kecil. Tapi pada laptop rilis terbaru kedua slot ini sudah ditinggalkan, semuanya menggunakan USB.

Cara Penggantian Memori :

– Buka penutup memori

–         Angkat penutupnya

–         Geser pengait memori

–         Angkat memorinya

Penggantian Hardisk

– Backup data dengan menggunakan konektor khusus kemudian hubungkan dengan Laptop lain atau PC.

One Response

  1. mau tanya mas, kalo acer 4330 bs ga di upgrade ke type processor lain, misal centrino ato dualcore? kalo ga, apa yg cocok? mksh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: