Bluescreen / Dump Memory / Layar Biru (part 3)


Harddisk yang bermasalah dapat juga menyebabkan bluescreen, antara lain dikarenakan oleh bad sector, data yang hilang karena virus, instalasi program yang tidak sempurna , ataupun dikarenakan un-install program yang menghapus library (.dll) file yang digunakan oleh system atau program yang akan kita jalankan.

Untuk masalah bad sector dapat kita atasi dengan chkdsk/f , HDD Regearator, atau yg paling ekstrim Maxllf, dimana windows akan memberikan tanda agar bagian yang bad tidak digunakan. Btw, apabila yang terkenak sector awal atau untuk operating system maka cara ini tidak effektif, cara terbaik adalah mengganti harddisk dengan yang baru.

Apabila error karena virus kita dapat menggunakan antivirus untuk cure (mengobati) file yang corrupt, dan tidak semua file corrupt dapat diobati oleh anti virus,  alternatif lain adalah install ulang operating system, untuk antivirus akan dibahas di bagian lain.

Sedangkan untuk file yang hilang karena install atau uninstall, kita dapat menggunakan perintah F8 pada saat windows pertama kali nyala, setelah itu pilih menu “Previous configuration”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: