Cara mengembalikan file/folder yg sudah disembunyikan oleh virus setelah dibersihkan dengan program antivirus


(Untuk Windows XP dan/atau dibawahnya).

Sebelum memulai tulisan ini, mungkin ada baiknya saya jabarkan/ceritakan sedikit  judul tulisan diatas yg sudah saya singkat. Pertanyaannya sebagai berikut :

a). Kenapa file-file yang sudah di scan (monitor) dan di clean (dibersihkan) oleh program antivirus, pada saat dibuka dengan explorer (windows explorer) kembali, ternyata tidak tampak lagi file/folder kita?

b). Apakah file-file data kita tersebut hilang ? ataukah file data tersebut disembunyikan (hidden) ?

c). kalaupun disembunyikan oleh virus yg telah menduplikatkan diri tersebut, kenapa masih tidak tampak pada saat dibuka dengan windows explorer?

d). Bagaimanakah caranya mengembalikan file data/folder kita yang sudah di clean (dibersihkan) dengan program antivirus agar dapat kelihatan tampak kembali waktu dibuka dengan Windows Explorer?

Jenis virus yang banyak menyebar atau menyerang di Indonesia kebanyakan virus jenis Worm dan virus jenis Trojan. Nah, virus jenis worm biasanya menyerang file file yang berekstensien (misal : doc, xls, jpg dll) dengan merubahnya menjadi ektensien “exe”, sedangkan file yg aslinya yg berektensien doc, xls ataupun misalnya ektension utk file gambar (jpg, img, gif, dll) disembunyikan oleh virus tersebut agar tdk tampak waktu dibuka dengan menggunakan Windows Explorer.

Oke, kalau mau diceritakan lagi mengenai jenis-jenis virus lainnya, atau file apa saja yg diserang oleh virus dan lain sebagainya tentang virus, rasanya gak cukup kalau dijelaskan disini.

Langsung aja yah.. langkah pertama sudah barang tentu program antivirus sudah terinstall di komputer kita dan database virus sudah di update, maka lakukan langkah seperti biasa untuk men scan dan clean virus di tempat penyimpanan data (seperti harddisk, flashdisk dan memory RAM, dll).

Selanjutnya langkah yang kedua. Nah.. inilah langkah yg mungkin sudah lama ditinggalkan temen-temen waktu kita masih menggunakan operating system DOS (sekarang sudah Windows namanya) dan caranya pun cukup sederhana. Misal media penyimpanan data yang sudah kita scan dan clean virus adalah media penyimpanan data flashdisc, langkah-langkahnya sebagai berikut (di windows XP):

1. Menuju dan klik menu START

2. Pilih Accessories —-> pilih dan klik Command Prompt

3. Setelah keluar jendela command prompt, kita harus tahu drive mana flashdisk kita berada, contoh drive G, maka ketikkan G: <enter>

4. Kemudian setelah masuk ke directory G:\ lalu langsung ketikkan ATTRIB  -A  -R  -S  -H  /S  /D <enter>

5. Tunggu sampai keluar kembali command promptnya (yang berkedip-kedip)

6. Selesai.

Sederhana bukan? … mudah-mudahan file/folder yang telah disembunyikan oleh virus tadi (setelah dibersihkan dengan antivirus) dapat muncul/tampak kembali pada saat anda membukanya dengan Windows Explorer.

Tak ada gading yg tak retak, terima kasih, selamat mencoba, semoga berhasil…!!

5 Responses

  1. Saya blm pernah gunakan naevius USB, klu gak salah ini ya, khusus av buat USB, klu cara di atas gak mempan, ya gunakan software data recovery untuk FD, banyak kok seperti USB Flash Data Recovery, USB Drive data Recovery, dsb. Nyari aja pake google, cari yang free. Tapi ingat jangan sekali2 menuliskan apapun pada FD sebelum merecover data yang akan dicari

  2. Asl. wr. wb.

    Mantaps boss…
    Manjur abiz…

    Syukron yaa….

    Wsl. wr. wb.

  3. mas, saya gagal ne???g bisa juga muncul folder nya,timbul tulisa “file not found” ganas virus nya …thanks sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: