Merawat Battery


Merawat battery laptop sebenarnya mudah-mudah sulit.  Kenapa mudah sebenarnya battery memang di rancang untuk mudah digunakan tinggal pasang. Hanya saja battery litium (bisa diisi ulang) memiliki karakter yang sedikit unik.

Yaitu tidak adanya memory effect dalam litium,  sedangkan dalam laptop kita membutuhkan informasi status battery sekarang seperti apa dan akan bertahan berapa lama.

Untuk itu maka battery laptop terutama litium akan ditambahkan komputer/chip kecil untuk mengontrol segala informasi seputar battery tersebut.  Antara lain berapa kali battery laptop sudah di charge dan dipakai (satu siklus), kapasitas aktual dari battery ,  kapasitas dari battery , berapa lama battery akan habis , dst .

Nah untuk itu bila ingin kapasitas battery laptop bertahan lama atau tetap tinggi kapasitas nya, ada beberapa cara yang harus ditempuh.

  1. Lepas battery bila tidak digunakan, dan jangan lewat 1 minggu
  2. Jangan charge battery terlalu penuh karena dan dipakai sampai habis total karena akan dihitung 1 cycle (siklus) , dan itu akan mengurangi kapasitas dari battery. Count cycle akan tinggi di chip battery.

Semoga bermanfaat

2 Responses

  1. Lepas battery bila tidak digunakan, dan jangan lewat 1 minggu, maksudnya melepas batre jangan lebih dari 1 minggu atau gmana? agak ambigu

    • maksudnya jangan membiarkan batere terpasang terus dalam laptop lebih dari seminggu, sebab arus mengalir terus ke dalam komponen dalam laptop, lebih dari seminggu tanpa dipakai sebaiknya lepaskan baterenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: