Apa itu Laptop New, Refubished , PI , BM ?


Dari sekian banyak pertanyaan, apakah yang harus dibedakan antara barang New (baru), refurbished (rekondisi), PI (Paralel Import), BM (Black Market).

Saya bahas terlebih dahulu untuk refurbished atau rekondisi, istilah ini muncul karena pada saat produksi akan selalu terdapat cacat produk, contoh dari 1000 unit/batch (per produksi) selalu ada saja yang tidak berhasil misal kadang hang, battery tidak charge, dsb. Karena untuk mencari atau memperbaiki akan memakan waktu lama, biasanya dari pemilik brand (nama) akan cenderung menyerahkan ke pihak ke tiga 3rd party company yang berfungsi untuk memperbaiki, terkadang hal sepele penyebabnya, contoh memory tidak baik, harddisk bermasalah. Setelah oleh 3rd party di service akan di jual ke market dengan kode refurbished. Untuk mengetahui refurbished di market sebenarnya terdapat tanda yang jelas, antara lain :

1. Kardus beda dengan Brand new (terkadang hanya warna coklat)
2. Tidak terdapat buku manual yang lengkap
3. Ada beberapa brand yang menuliskan “Rekondisi ” di laptop yang bersangkutan

Barang BM dan PI sebenarnya istilah ini kurang lebih hampir sama, hanya terkadang memang abu2x antara Brand New dengan dua istilah ini.

Dimana sebenarnya BM , PI dan Brand New adalah barang baru yang membedakan adalah PI memiliki kode barang yang sama dengan Barang New (barang resmi), karena hanya mereka tidak membayar bea masuk, ppn, ppnBM. Sedangkan BM memiliki kode barang yang sedikit berbeda dengan Barang resmi hal ini dikarenakan diproduksi untuk kode negara tertentu contoh USA.

Selanjut nya silahkan memilih mana yang cocok untuk anda😀 , yang pasti harga tidak akan menipu, refurbished pasti lebih murah dibangdingkan new. Kalau anda menguasai komputer ini bisa menjadi pertimbangan.

2 Responses

  1. apabila kita beli barang semacam “itu” secara langsung dan tidak langsung apakah dapat merugikan orang lain apa tidak….? soalnya jika tidak membayar PPN berarti termasuk barang ILLEGAL donk….? dan secara otomatis akan merugikan NEGARA dan ujung-ujungnya RAKYAT juga yang susah………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: