Laptop Hang, Over Heating dan Kerusakan Secara Spesifik


Saat laptop running baik untuk pemakaian yang lama maupun singkat kadangkala laptop hang, ciri khasnya, pointer mouse tidak berjalan apabila digerakkan, cursor tidak berkedip, apabila ditekan tombol caps lock dan num lonya ck, lampu indikatornya tidak menyala.
Penyebab laptop hang bisa jadi karena motor hardisk lemah atau bad sector/cluster, virus, pendingin prosesor / cooling fan tidak bekerja sebagaimana mestinya karena kotor, akibat nya penyebaran panas pada heat sink tidak merata. Kadang kala juga laptop mati dengan sendirinya tetapi beberapa saat kemudian bisa berfungsi normal seperti biasa. Hal itu berarti kipas pendingin prosesor mati atau tidak bekerja secara optimal. Penyerapan panas tidak merata menyebabkan suhu yang tinggi pada prosesor, dan mengirimkan pesan kepada IC pengontrol suhu untuk mematikan laptop sementara.
Solusinya : apabila ada masalah di hardisk bisa dilakukan dengan memformat hardisk low level misal MaxLLF. Inipun cara yang sedikit membantu, minimal menghapus bad sector.

Untuk menangani overheat bisa dengan jalan membersihkan fan dan jalur ventilasinya secara berkala.

Seringkali kerusakan pada notebook/ laptop terjadi karena hardware protect error ( system proteksi) yang memang dirancang oleh hardware manufacture untuk melindungi hardwre terhadap kerusakan……….( contoh: intel chipset pada temprature diatas 60′ celcius akan memutuskan arus/ mematikan dirinya untuk menghindari over heating) ……………..
Sebelum menyimpulkan kerusakan hardware pada notebook/ laptop anda alangkah baiknya melakukan standard analisa kerusakan .

Beberapa gejala yang timbul pada saat notebook memproteksi dirinya dari over heating:

GEJALA 1. Led power menyala layar tidak tampil
1.Dinginkan sesaat notebook
2.Cabut batery, nyalakan menggunakan ac adapter
3.buka cover( bahagian bawah laptop) memori slot.lepaskan memory kemudian pindahkan ke slot yang lainnya( kalau ada dua slot memory) untuk beberapa jenis laptop yang hanya mempunyai satu slot memori, lepaskan memori dan pasang kembali.
4.buka cover hardisk, lepaskan hard disk dan coba hidupkan kembali.
5.sebahagian notebook. procesor dapat di lihat hanya dengan membuka cover bahagian bawah, dapat pula mencoba step 5.pasang kembali dan coba hidupkan kembali.
Jika kelima tahapan tersebut diatas sudah dilakukan tetapi notebook masih belum kembali normal, barulah kita dapat menyimpulkan ada masalah dengan hardware notebook anda.

Kerusakan teringan dari gejala tersebut diatas adalah kerusakan pada memory/ sodim.anda cukup mengganti dengan memory yang baru.

Ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat gejala-gejala tersebut diatas:

1.Prosesor ataupun power pendukungnya( APPN)
2.VGA chip ( APPN)
3.Motherboard chip ( APPN)
4.Bios chip( ic epromer)

GEJALA 2.Tidak ada led ( indicator lamp) tidak menyala sama sekali.

Gejala ini timbul akibat tidak adanya tegangan( arus listrik) yang masuk atau terputusnya tegangan diakibatkan kerusakan pada component power.
sebelum menyimpulkan kerusakan pada component power sebaiknya anda melakukan analisa ringan yang bisa anda lakukan sendiri.
-Ganti Adapter/ kabel power dengan yang sejenis untuk memastikan kerusakan tejadi pada adaptor/ kabel atau pada laptop anda.
-Lepaskan Battery .untuk memastikan tidak ada gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada battery laptop anda.
-Perhatikan led ( indacator lamp) pada adapter apakah menyala normal atau berkedip-kedip (drop) . jika ini terjadi, sudah dapat dipastikan masalah terjadi pada ic component power laptop anda.

72 Responses

  1. mas mau tanya tadi netbook saya kan habis saya partisi pake software easus yang free, sudah sukses, dan mslahnya setelah beberapa saat saya colokin dvd external lcd laptop tiba tiba langsung mati,tpi lapu power masih hidup, trus sya matiin lwat power, saya hdup[in lagi mlah g hidup, hanya lampu power nya saja yang hidup, lampu hardisk dll mati ,lcd jga mati,,mohon dengan sangat bantuanya ya mas,, terimakasih, tolonh dibalas ke email ya mas,, termikasih

    • kalau analisa saya, gak ada hubungannya dengan proses partisi, tapi kemungkinan ada masalah di dvd eksternal, kemungkinan ada trouble di dvd nya, akibatnya pas dicolok via usb langsung korslet,
      yang pertama di cek adalah jalur power mulai dari jack adaptor, fuse nya, sampai IC nya, jadi harus ditelusuri,
      sy ndak bisa tentukan yg ,mana yg korslet kalau ndak cek langsung unitnya

  2. ma’af mas mohon bantuannya,mau tanya,saya menggunakan notebook axioo zetta mns 4152 (udah setahun).sebenarnya notebook saya ga ada masalah,cuman kadang” susah hidup klo baterainya di lepas mas..di lampu indikator power ga nyala sama sekali mas walaupun saya dah menggunakan ac adaptor.baterai masih kuat 2 jam (tnp adaptor),pengisian juga normal.jadi baterai ma adaptor msh mantep.cuman kenapa kadang – kadang (jarang banget) susah hidup/klo baterai di lepas jg susah hidup mas.cara saya ngidupinya posisi power adaptor di connect ke notebook,baterai di pasang sambil (barengan) menekan tombol power.saya takut kebiasaan begini bisa merusak notebook saya mas walaupun jarang saya lakukan.mohon bantuannya mas,terimakasih sebelumnya.mohon u/di kirim ke email saya ya mas.

    • ada kemungkinan ada loss power failure di adaptor, perlu dicek adaptornya, memang kebiasaan colok adaptor langsung tanpa batere, untuk tipe2 tertentu, berpengaruh pada ic regulator, bisa saja pada saat dicolok. terjadi lonjakan voltase di tempat anda, biasanya batere yg menjadi stabilisator, pada saat itu batere gak terpasang akibatnya ic regulatornya yg kena, coba dengan adaptor lain dulu, kalau belum ok, berarti di ic regulatornya, kalau kondisinya seperti itu, sebaiknya jangan dilepas baterenya waktu digunakan

  3. oke,terima kasih banyak mas atas sarannya,ada penagruhnya ga mas dengan window yang ga ori yang saya install/virus.sbb,ga ada yang memakai notebook dengan spek yang sama dgn aku,jadi u/mencoba agak sdkt susah.agak sdkt bingung juga sc mas.adaptor u/nge cash masih mantep (3 – 4 jam baterai dah penuh),baterai masih mantep (2 jam’n).u/aliaran listrik memang rumah saya menggunakan genset mas,cmn tetap lwt trafo jg sc.apa masalah ini berpengaruh mas dengan aliran listrik di rumah yang bebas walawpun nyampe ribuan watt.

    • ya. pengaruh klu pake genset, itu sumber masalahnya, kalau colok langsung tanpa batere terus pake genset, sebaiknya pake stavolt

  4. oke deh mas,makasih banyak untuk pencerahannya.

  5. mas mu nanya, laptop saya compaq presario cq40,
    saat mulai on laptop ada cahaya2 kedap kedip di bagian sisi bawah layar LCD, tpi slang wkt lma laptop nyala gejala tadi hilang. itu knpa n krna apa mas??
    mhn bntuanya ya..
    thanks.

  6. Mas mw tanya nih :
    laptop saya gak bisa booting n g bisa masuk bios dll.
    kipas juga gak kerja.
    Merk laptop saya A*Note centurion
    Saya mw coba clear cmos tp saya gtw t4 cmosnya mas.
    mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

  7. mas mau tanya mas ada kursus on line atau buku untuk belajar servis laptop tak ,karena saya baru belajar

  8. mas mau tanya nih:
    laptop saya acer aspire 4535, ga mau nyala. pas dinyalain kipasnya nyala bentar trus mati tapi tombol powernya nyala. udah saya coba RAMnya ditukar slot tapi tetap ga mau nyala.
    itu kemungkinannya apa aja ya mas? power supply kah? Slot RAM nya? ato emang RAM nya sendiri yang error?
    Problem solving?

    • msh banyak kemungkinan, kalau sdh di tes RAM nya, kemungkinan di salah satu ICnya, untuk pastinya sy hrs cek langsung

      • ya gan sma kaya boss ahmad..laptop saya acer aspire 4535 tolong pencerahannya..

  9. mas mau tanya.,laptop saya axioo.,beberapa bulan terakhir tidak ada masalah tapi baru-baru ini ketika saya mencolok USB wireless (linksys 2,4 GB WUS5V4) laptop saya tiba-tiba mati trx reboot sendiri.,begitu seterusnya..kalo tidak di colok tidak apa-apa..
    mohon di balas ke email saya..trim’s

  10. ..mas mau tanya.,laptop saya axioo.,beberapa bulan terakhir tidak ada masalah tapi baru-baru ini ketika saya mencolok USB wireless (linksys 2,4 GB WUS5V4) laptop saya tiba-tiba mati trx reboot sendiri.,begitu seterusnya..kalo tidak di colok tidak apa-apa..
    mohon di balas ke email saya..trim’s

  11. maz tanya ne.., notebook saya wektu dmatikan kok led yg d tombol power hidup terus kenapa y maz.,???
    dlu kalo tombol power d hidupkan led yg d tombolnya hidup,kalo d matikan lednya jg ikut mati, tp kok sekarang hidup terus, lednya mau mati kalo batrainya di cabut…,
    kira2 kerusakan pada apanya y maz???

  12. Assalamualaikum,
    Mas saya pake laptop Compaq presario CQ 40 dah 1th lebih, tapi tiba-tiba saja pas mau di hidupkan kok layar monitornya mati total dan lampu caps lock sama num locknya kelap-kelip trz lampu lampu yang lain masih nyala kaya biasa. Kira-kira kenapa yah? Terima kasih

  13. Mas, laptop sy acer extensa 4630 z, dinyalakan ndak mau hidup. Led power nyala. Mesin hidup. Baterai sy copot. Lsg adaptor sama saja. Sy matikan dgn tekan tombol power agak lama. Apa solusinya?

  14. mas…bs tanya harga Tool Reballing lengkap ???
    hrganya brp kira2 mas ya???
    klo disitu ada bagaimana kira2 bisa beli???
    tlng kasih kbr ke : zid.comp@yahoo.com

  15. mau nanya ,compaq presario cq40 pakai p. amd, dihidupkan mati, dihidupkan tak lama mati lagi, begitu seterusnya, rusaknya apa?mohon bantuannya,trim’s

  16. mas, saya mau nanya, latop saya kok gak bisa di shutdown ya, tiap kali matikan saya tekan tombol off langsung. udah itu keypad touchnya juga gak berfungsi, mohon bantuannya mas, karena saya masih tau sedikit tentang laptop ini

  17. mas, mau nanya nih.. saya sedang memperbaiki laptop axioo, waktu instal os nya susah banget, kadang2 mati (blue screen) setelah di cek2 ternyata kipas procesor kadang aktif kadan gak. trus saya coba bersihkan dan hasilnya kipas kadang jalan kadang gak. trus saya instal OS nya dan berhasil. masalahnya lagi pas saya shut down dan saya nyalakan lagi kipasnya gak mau jalan trus laptop ngerestar sendiri dan barulah kipasnya aktif lagi.
    trimakish atas bantuannya…

  18. Mas saya mau konsultasi,
    Laptop saya Toshiba L200.
    Kondisi oke2 saja jika memakai baterai.
    Ketika baterai mau habis kemudian saya plug in baterai charger. Laptop langsung hang dengan kondisi layar berubah acak warnanya.
    RAM sudah saya check oke. fan masih bergerak normal.

  19. mas saya mau nanya ne..
    leptop saya aspire 4520..
    masalaha nya lampu led hidup tapi layar nya di muncul apa pun..
    itu masalah nya apa yah mas.

  20. Ass wr Wb pak!
    saya mau konsul, saya punya asus Eepc cuma bisa nyala kalo pake adaptor, sedangkan kalo adaptor di lepas langsung mati walaupun sudah di colokin lama, sepertinya bat nggak ter isi, kalau pertama di hidupkan tanda2 bat ngisi ada kemudian sebentar berhenti, lampu indikator baterai ber kedip2. apa mungkin baterai sudah rusak ato ada komponen lain yang bermasalah?

  21. mlm mas…….
    ni mau tanya….. kemarin aku instalasi windows server, habis thu laptopnya hang… nah temenku ini lakukan mati n nyala secara kasar dengan menekan tombol power berulang-ulang……
    nah setelah di nyalain lagi sempat bunyi beep… beeep… beep… beberapa kali…. habis thu mati. pas mau dinyalain lagi, nyala sih tapi cuma layar gelap trus mati lagi……
    habis thu dinyalain lagi dan akhirnya nyala, sempat parrtisi di c dah di cancel semua….
    giliran di matiin trus mau dinyalain lagi kok blank hitam lagi habis thu mati lagi…
    nah sampe sekarang masih seperti itu… mana changer adapternya gak masuk2 lagi…….
    kira2 yang rusak apanya yah????

  22. malem..
    Mas mau nnya..
    Laptop aku vaio ..*..
    Baru pke beberapa bulan, dan akhir” ini laptop aku suka nghang..*..
    Trus skrng lg bermasalah tntang mouse yg kotak” itu loh apa namanya aku ga tau..*?
    Di geser” cursor nya bisa tp pas di clik/diteken ga bisa tetapi yg tombol 2 kiri kanan itu bisa..*..
    Pkoknya yg ga berfungsi tu yang kotak alias mouse cma ga bisa di tekan/di clik..*..
    Knpa yh sebabnya..*..

  23. As…..Mas saya ma nanya nih…laptop saya Toshiba A105 ga mau nyala kalau pake adapter, tapi kalu pake batre baru nya.kira2 apanya ya mas?mksh…

  24. maf mas, mksd saya kalu pake batre baru bisa nyala….

  25. thx infonya sangat membantu

  26. mas,sy punya laptop acer 4732z td pas hidupin laptop hidup,sy colokin flashdisc, pas buka data terbuka,tp mouse dan keyboard tak berfungsi, layar tetap nyala,tp data gak bergerak. Mhn bantuanya. Trims

    • kemungkinan di fd nya ada virus, atau coba di colok ke poert usb yg lain, siapa tau colokan nya yg masalah, atau coba dengan fd lain

  27. mas mau nanya, laptop saya compaq presario v3700, ga mau idup mas, padahal lampu led adaptor nyala dan batere udah dipasang, tapi pas dipencet tombol powernya kok ga ada reaksi apa2 mas, kenapa ya mas?

  28. info;di solo ada yg bisa ngatasi cuma 200k

  29. mas mw nanya :
    notebook saya kog bunyi nya kasar ??? itu penyebabnya apa ???

  30. Permisi mas,..,maaf mengganggu.,
    Numpang tanya nih mas,.
    saya punya notebook Compaq Presario CQ 35 331TX ,.
    Masalahnya selalu saja hang,.
    dan yg lebih herannya lagi mas, setelah di shut down, cooling pad di bawahnya masih menyala.
    Aneh,padahal notebook udah mati,..,kira2 apa masalahnya tu mas?
    oia sebelumnya saya pengen tau apakah arus listrik yg tidak stabil bisa menyebabkan notebook hang?

    • kemungkinan ada korslet di mainboard, jangan dicoba terus, nanti malah tambah parah, harus dicek sistem arusnya, penyebab hang biasanya panas, mau dicek fannya, fungsi baik atau tidak, segera bawa ke service center untuk pengecekan lebih lanjut

      • terimakasih mas,.atas sarannya,.
        saya pernah bawa ke service center,.
        namun solusi dari mereka ya hanya menginstal ulang notebook saya,..,
        Setelah di instal,masih jg terjadi hang.,.,dan cooling padnya masih nyala krn mungkin panas pg notebook dan mgkin juga krena korslet sperti yg mas bilang.,

        akhirnya sy coba instal sendiri,dgn cara recovery,karena notebook ini udah ada bawaannya win 7.dan yg terjadi malah tambah parah.,.hangnya semakin parah,.

        terimakasih mas

  31. Mat Jumpa Mas,
    Laptop Avio sony,baru2 ni ada masalah,bila di-on kan,hanya terdengar desingan di cd romnya,sebentar di layar ada tampil skejap lalu mati.yang nyala tinggal led2 power dan bateraynya,
    Mohon bentuan keterangan: kira2 masalah di apa ya??
    trima kasih

    • ndak terlalu jelas msalahnya, hrus segera di cek dimainboardnya, jangan terlalu dipaksa untuk nyalakan, ntar tambah paeah

  32. Mas Udi saya mau tanya, kalau pertama kali laptop dinyalakan terus kan sudah berhasil masuk windows. tapi Lapotop nge-hang, di tandai dengan tidak bereaksinya cursor/pointer mouse ketika di gerakan.
    terus laptop tidak bisa di apa2in jadi harus di cabut kabel powernya.
    baru setelah itu saya nyalakan kembali laptop dapat bekerja normal kembali.
    mohon bantuannya ya mas.thanks

    • laptop merk n tipe apa, laptop hang biasanya ada masalah di supply arus ke controller processor, bisa juga krn panas berlebih

  33. Salam kenal
    Laptop saya Acer Aspire 4736G, mengalami masalah baru baru ini.
    Pada saat laptop saya dicharge dalam kondisi on/menyala, laptop segera menjadi hang (kursor mouse tidak bergerak, pointer tidak berkedip). Lampu indikator charging juga hanya menyala sekejap lalu segera mati lagi. Informasi baterai di taskbar, tertulis “plugged in, but not charging”. Saya sudah cek kabel AC Adapter/charger dan tidak ada yang longgar. Tidak ada masalah pada saat laptop di charge pada kondisi off/mati. Saya sudah mencoba mencabut baterai dan hanya menggunakan AC Adapter saja, namun memang tidak hang tapi performanya jadi lambat, tidak seperti biasanya.
    Mohonsolusi dan bantuannya. Terima kasih .

    • salam, tipe ini memang banyak yg mengalami masalah seperti di atas, kadang batere nya ndak bisa full meskipun di cas berjam2, sy lagi tangani kasus yg sama, insyaallah sy akan review setelah selesai

  34. maaf mas mau nanya,laptop byonku lo sekarang mau opening hrs mencet enter,tu knp/bgaimana mengatasinya agar bs otomatis lg?trus kalo ngeklik suatu file msl file a yg terbuka file b?terkadang cursornya gk bis pindah ke file yg sdh diklik jd yg terbuka file lain,kalo buka word terkadang bergerak sndiri dari suatu halaman ke halaman lain,tu knapa?sdh diinstal lg tp hasilnya sama gk berubah,tlong bantuannya..makasih

  35. slm kenal mas, laptop saya acer asphire 2920, mslhnya klo saya colokin charger and dlm keadaan on maka yg terjdi kursor diam dan terkadang liar..apa ya penyenyebabnya..atas jwbn dan bantuan solusinya, saya mksh bnget neh….

  36. mas salam kenal, kok laptop ASUS saya belakangan ini suka ngehang atau freeze saat internetan atau main game. gak bisa digerakin sm sekali. task manager gak bisa diakses, cuman lampu power aja yg hidup. led cpunya mati.
    mohon bantuannya ya!

  37. …mas minta solusi, laptop saya aspire 4520 . saat dinyalakan ok. tapi beberapa menit kemudian hang , kursor jd diem. di goyang laptopnya kursor bisa digerakin tp melambat. udah beberapa saat malah diem terus kursor. lalu saya matiin secara paksa. nyalain lagi ga bisa. matiin lagi laptopnya secara paksa, terus goyang lagi laptopnya lalu nyalain laptopnya bisa lagi , terus lama2 ngehang lagi.. dan berulang2.. kenapa ya mas. terimakasih.

  38. mas mau tanya laptop saya acer aspire 4736g,masalahny cuma aplikasi itu sering bnget stopped working gtu,cntohny klo lg browsing tiba2 browserny stopped working sndiri.itu knapa ya?cntoh aplikasi yg stopped workingny :firefox,chrome,winrar,idm,smadav trus pas mau nginstal game itu tiba2 juga stopped working. itu knapa?mohon bantuan bang

  39. mas mau tanya mengenai laptop saya yang hang?
    laptop saya TOSHIBA QOSMIO, blakang ini sering hang dengan gejala, sering restart, sering gagal booting dan ketika gagal booting grafiknya jadi pecah, kadang ketika dipakai dan laptop dicas karna batrey low laptop tiba-tiba jadi hang juga…kira-kira kenapa ya mas?saya sudah coba instal ulang tapi hasilnya sama saja. trimakasih ats tanggapannya.

    • yang masalah di chipset vganya, karena panas berlebih, coba di blower vga nya, atau skalian di reball yaitu cabut cipset vganya terus di ganti kaki cipsetnya, cuma bisa dilakukan di tempat servis yang ahli

  40. Maaf mas boleh minta bantuannya ada masalah di laptop sya,,
    begini mas sewaktu di hidupkan memang hidup cuma ga bisa dia apa-apain, buka explore jg gabisa tapi kursor jalan mas.. terimakasih atas bantuannya..

    • coba cek memorinya, bisa juga masalah di hardisk krn bad sector, coba dicek dengan hd lain trus diinstall ulang

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 378 other followers

