Curhatku : Ada Apa Dengan Toshiba Satellite ???


Hampir dua minggu saya tidak posting sesuatu di web ini. itu semua karena kesibukan luar biasa, rutinitas sehari-hari mengurusi laptop2 yang rusak itu,  disamping rutinitas mengajar, dan membuat penawaran2,  wah …. stress banget.

Menjadi suatu kebahagiaan apabila mendapat servisan yang hanya sekedar laptop nya lambat, hang dikit, atau install ulang windows. Tetapi itu jarang sekali, semuanya datang dengan keluhan laptop mati total, bios terpassword, power yang tidak normal, semuanya masalah akut, dan butuh energi.

Ada yang menjadi perhatian saya, dari semua servisan itu 90 %   adalah To****ba Satellite baik dari seri M100, M200, L200, A205, dan saya gak ingat lagi smuanya. Pokoknya semuanya seri Satellite. Ada apa dengan seri Satellite  ? , karena seri portege, tecra, ataupun qosmio, belum masuk ke tempat saya.  Kebanyakan kasusnya adalah laptop tersebut bisa berjalan normal ketika menggunakan baterai, tapi ketika dicolokkan adaptornya, laptop langsung hang, atau tampilan dilayar hilang, kasus ini sering terjadi untuk seri satellite. Apakah memang ada bug di bios atau chipsetnya, itu yang masih saya pelajari. Alhamdulillah ada yang berhasil saya tangani, ada juga yang masih progress. Insya Allah pada kesempatan lain saya buatkan testimoni step by step nya.

139 Responses

  1. ass. salam kenal, menarik skali yang kanda paparkan, moga pemikiran kanda bermanfaat bagi semua. amiin. kami tunggu pemikiran-pemikiran, tip trik, serta solusi2nya. moga dicatat sebagai pahala dan jadi berkah. trus terang saya mengikuti semua artikel2 yang kanda paparkan.
    Wassalam

    • wss. salam kenal juga, syukurlah kalau media ini bisa bermanfaat bagi semua, Amiin. thanks atas dukungannya

  2. good job, … pak
    salam kenal

  3. assalamualaikum.. salam kenal pak..
    spertinya ada benarnya yg bpk sampaikn
    laptop saya toshiba satelite m200, permasalahanny persis skali dg yg bpk sebutkan..
    saya prnah coba datang k service cntre toshiba.. dan jwbnny kerusakan ada pd motherboard, dg service yg mncpai 5jtan.
    dtambah lg dgn isu bhwa produk tsb spertinya produk buangan yg dlempar k pasaran indonesia..
    saya sungguh kcewa.. knapa perusahaan sehebat toshiba mngeluarkn produk yg kualitasny sperti itu..

    bgm mnrt bpk sndri, apakh benar begitu? dan apakh laptop itu bisa dperbaiki lg sperti semula?
    saat ini pkerjaan saya jadi sdikit trbengkalai krn laptop yg tdak brfungsi… mohon saran dr pak udi.
    saya ucapkan bnyak terimakasih sbelumnya..

    • waalaikum salam …. salam kenal juga, thanks atas kunjungannya ke web saya, dan koment artikel ini,

      saya tidak bermaksud mendiskreditkan produk toshiba, krn memang merek ini menjadi brand terkuat untuk laptop di Indonesia, tapi kualitasnya tak sebanding dgn ekspektasi brandnya. saya lagi tangani 3 laptop M200 dgn kasus yg sama. dan Alhamdulillah berhasil 2. Klu ganti MB bisa tapi gak sampai 5 juta, saya bisa bantu.

      Wassalam

  4. assalamualaikum….
    saya adit, salam kenal pak..
    laptop saya toshiba L-200. Sekarang laptop saya mati total.
    Awalnya laptop saya susah masuk windows, restart sendiri wkt lg loading masuk windows. Bisa restart sampai 3-5x baru berhasil masuk windows. Saya restore laptop saya, setelah itu ga ada masalah lagi, tapi cm bbrp hari terus muncul lagi masalah yang sama. Setelah itu malah lebih parah, bisa sampai 10x restart baru berhasil masuk windows.
    mau saya install ulang, tp ternyata ga bisa. muncul pesan error “hardisk tidak terbaca, cek kabel..bla..bla..bla..”
    saya cek di bios hardisk terdeteksi, bad sector juga 0%
    setelah itu malah makin parah… kalo berhasil masuk windows, ga lama kemudian langsung crash dump (padahal biasanya kalo dah bisa masuk windows ga ada gejala apa2, meski masuk windowsnya mesti restart smp 10x dulu)
    akhirnya saya format hardisknya. Maksud saya mau install ulang winXP. Tapi tetep ga bisa, tetap muncul “HD tdk terbaca, cek..bla…bla..” Kalau saya install pakai win7 bisa pada awalnya, namun selalu berhenti saat sedang proses penginstallan.

    Sekarang, laptop saya malah sudah ga bisa hidup lagi.
    Mohon sarannya, kira2 yang rusak apanya ya pak? perlukah saya ganti MB? Trims..
    wassalamualaikum..

    • Waalaikum Salam, salam kenal juga
      Masalah L200 seperti masalah adit itu sering saya tangani, gejala awalnya memang seperti itu, lama baru restart, trus ketika mau di install ulang malah HDD seperti tidak di kenali, dan masalah nya bukan di HDD, tapi di IC power 8201 itu yg harus diganti, masalahnya IC ini menyatu dgn IC untuk processor, usb, HDD, nah ketika salah memperbaikinya bisa tambah parah, tapi klu memang mati total, ya, gak ada resiko lagi, masih bisa diusahaka di t4 kami,
      Mengganti MB adalah solusi terakhir, asalkan harga nya tidak lebih dari 1/3 dan maksimal 1/2 harga laptop untuk perhitungan second, misalkan L200 secondnya 4 jtan, klu MB nya harga 1,5 jt, ya masih bisalah. tapi nyari MB yg second juga susah, untuk L200 barunya sekitar 2.9 jt
      Wassalam

    • assalamualaikum….
      saya silo, salam kenal pak..
      laptop saya toshiba L-200. Sekarang laptop saya mati total.
      Awalnya laptop saya susah masuk windows, restart sendiri wkt lg loading masuk windows. Bisa restart sampai 3-5x baru berhasil masuk windows. Saya restore laptop saya, setelah itu ga ada masalah lagi, tapi cm bbrp hari terus muncul lagi masalah yang sama. Setelah itu malah lebih parah, bisa sampai 10x restart baru berhasil masuk windows.
      mau saya install ulang, tp ternyata ga bisa. muncul pesan error “hardisk tidak terbaca, cek kabel..bla..bla..bla..”
      saya cek di bios hardisk terdeteksi, bad sector juga 0%
      setelah itu malah makin parah… kalo berhasil masuk windows, ga lama kemudian langsung crash dump (padahal biasanya kalo dah bisa masuk windows ga ada gejala apa2, meski masuk windowsnya mesti restart smp 10x dulu)
      akhirnya saya format hardisknya. Maksud saya mau install ulang winXP. Tapi tetep ga bisa, tetap muncul “HD tdk terbaca, cek..bla…bla..” Kalau saya install pakai win7 bisa pada awalnya, namun selalu berhenti saat sedang proses penginstallan.

      Sekarang, laptop saya malah sudah ga bisa hidup lagi.
      Mohon sarannya, kira2 yang rusak apanya ya pak? perlukah saya ganti MB? Trims..
      wassalamualaikum..

      • waalaikum salam masih bisa diusahakan mas, itu akibat crash salah satu ic, kirim aja ke tempat saya, ndak usah ganti mobo dulu
        wassalam

  5. assalamu’alaikum..
    saya anto’ pak,domisisli surabaya. salam kenal..
    saya punya laptop dg gejala seperti yg bapak sebutkan..
    laptop saya toshiba satelitte A205. sudah seminggu ini sudah dalam keadaan sperti itu. sya sudah bw ke smw service center tmpt servis di sby.. tp jawaban mrk sm, mereka tdk tahu apa pnyakit leptop itu, dan tidak berani menerima service sprti ini dgn alasan resiko stlh servis lebih tinggi dri sebelumnya. kira2 bagaimana solusinya ?
    mengingat laptop ini sangat penting bagi saya saat ini untuk mengerjakan TA kuliah saya.. mohon bantuannya pak..

    trima kasih.
    wassalam.

    • Waalaikum Salam ..
      Salam kenal dari saya, thanks udah ke web saya,
      Memang beresiko, karena hasil akhirnya bisa berhasil atau skalian mati total, kalau mati total berarti lebih parah dr sebelumnya, krena sebelumnya masih bisa dipakai dgn baterai. IC power dari adaptor korslet, jalur IC power baterai berbeda dgn adaptor, IC ini menyatu dgn IC HDD, USB, dll.
      Pengalaman kami ada yang berhasil ada yg tidak, klu tidak biasanya ganti MB kalau ready,
      Kalau minat bisa kirim ke t4 kami
      Wassalam

  6. assalamu’alaikum Pak
    saya punya laptop toshiba E105 baru beli
    tapi baru dipakai kira-kira 1bulan laptop mati secara tiba-tiba dan kejadian itu terus berulang jika saya menggunakan laptop dengan power baterai sedangkan jika power dibantu dengan adapter laptop tetap on tidak pernah mati secara tiba-tiba.
    Mohon infonya
    terima kasih.

  7. bagamana cara na menghilangkan kedap kedip pada layar monitor toshiba satellita l310.
    makacih

    • kalau kndisinya seperti itu, kemungkinan besar masalah di kabel flexksibel vganya, coba cabut kabel vga nya dibelakang lcd trus dibersihkan trus dipasang lagi
      kemungkinan lain masalah di LCD dan harus diganti

      • Kebetulan saya punya masalah yang sama dengan satellite L310 yang kedip2 monitornya bahkan sampai bergaris garis. Kalau masalah di LCD, ganti LCD kira-kira butuh ongkos berapa?.terima kasih

  8. met sore…salam kenal sebelumnya

    aku mau beli laptop nech tapi masih bingung merk atau pun tipenya apa ? ada saran gak ?

    tujuan belinya :
    internet,office,dan juga sedikit games lah

    Thanks buat infonya

    • salam kenal juga
      kalau kebutuhan untuk internet, office, cukup dengan laptop dgn intel atom harga 3 jtan sudah cukup, tapi untuk kebutuhan multimedia ringan seperti game, putar video, musik, saya rasa bisa pake dual core aja, bisa pake lenovo, dell, atau acer, harga maks 4,5 jt.

  9. Assalamualaikum….
    Pak Udi, kalo misalkan udah di charge dan hang, kemudian tampilan vga jadi amburadul gitu… solusi yang terbaik gimana Pak… ?
    Terima kasih sebelumnya,

    • Oh… maaf, saya lupa menyebutkan seri yang saya punya…. saya punya L200 dan kasusnya sama seperti tema awal dari artikel ini….

      • masalah di IC power dan chipset vga nya pak, beberapa seri satelite sering mengalami kasus seperti itu pak, kami bisa bantu

      • Untuk biaya habis berapa ya pak…
        Kemudian proses pengerjaan berapa lama
        dan saya harus menghubngi kemana ? kebetulan saya di Jogja

  10. ubtuk biaya nya sekitar 900 ribu mas … kirim aja ke alamat kami di makassar

    • bisa kirim alamat lengkap dimakassar gak,…soalnya saya juga punya laptop toshiba L200 masalahnya kayak gitu…
      bisa lewat email ato sms ke 085299924994

      • alamat saya:
        H. Syafruddin
        Jl. Tamalate 8 Stp 3 No. 37 Makassar
        085255557788 / 04119191888

  11. Pagi…
    Salam kenal…
    Saya pakai Toshiba Satellite A200 Vista Ultimate, udah ada 2minggu ini sering kali ngHANG…kemaren saya coba install ulang lagi Vista Ultimate namun sekarang malah selalu minta Windows Activation dan masih tetap ada ngHANG????

    Mohon bantuannya, terima kasih….

    • hardisknya di disk manager ontrak dulu kemungkinan hardisknya udah bat sector..jadi harus dihapus sectornya dulu…kalau gak percaya coba instal dengan hardisk baru…..pasti ote….

  12. Toshiba L300 saya jg sama. Tiap nyala dan di charge psti ngerestart trs

  13. Sore…
    Salam kenal bos..
    Langsung aja yaaa… tosibha satelitte L200 saya juga memiliki masalah spt itu. So… Solusinya gmn Bos..?? Klu udh di colokin charger nya langsung hang….
    Mohon bantuannya bos… d tunggu !!!
    Terima kasih…

  14. Assalamualaikum..
    Laptop saya toshiba m300

    Laptop saya bsa nyala..
    Tapi cuman sampe tulisan awal toshiba aja..
    Abis itu udah ga bisa masuk” lg..
    Pengebabnya apa yah ??
    N makasih sebelumnya..

  15. pak laptop saya toshiba satellite a200 beberapa waktu lalu saya buat bekerja untuk editing foto.. tapi sekarang kayaknya vga nya bermasalah pak.. gambarnya jadi semi monocrhome gitu.. kira kira apa yang rusak apakah vga nya? bila di ganti apa harus ganti MB sekalian?..apa bisa di akal tanpa diganti ya ..?..

    • coba ganti lcd nya dulu, atau kemungkionan kabel flexibelnya, masih bisa diperbaiki kok, meskipun vga nya yg trouble, blm perlu ganti mb

  16. ass..pak kalo mo upgrade ram satellite L200 maksimal berapa giga iah?trus kira2 harganya berapa?berat banget pake vista…tapi skrng sya sudah pake windows 7,cma kalo terlalu banyak program yg saya pakai,lemot jga…wass…

  17. Ass..salam kenal pak..

    Kebetulan saya ada laptop dengan kasus yang sama. kalau ditancapkan adaptor laptop langsung hang, tapi kalau masuk ke safe mode laptop normal. Merk laptop satellite M200. Cari-cari di forum menemukan jawaban yaitu men-disable salah satu processor di Device Manager. Tapi apakah itu sudah menyelesaikan masalah secara tuntas?itu yang jadi pertanyaan saya.
    Karena penasaran, akhirnya saya bongkar laptopnya dan menemukan sesuatu yang agak aneh pada IC ADP3208. IC tersebut berbunyi cret..cret..cret scr terus menerus pada saat saya colokkan adaptor. Apakah IC ini yang mengalami kerusakan?Lalu jenis IC apa dan kegunaanya sebagai apa IC tersebut?itu yang masih menjadi pertanyaan buat saya.
    Kalau bapak bersedia memberikan penjelasan dan keterangan serta langkah-langkah yang harus saya lakukan, saya ucapkan banyak terima kasih.

    Wassalam…

    • waalkum salam,,, salam kenal
      IC yg anda maksud menyuplai tegangan untuk chipset vga tetapi penyebabnya bukan hanya di IC tsb. yang perlu dicari adalah penyebabnya, krn meskipun IC tersebut sdh diganti, bakalan muncul masalah baru, bisa juga ditambah kapasitor untuk IC tersebut
      wassalam

  18. Bagi rekan2 yang punya masalah laptop toshiba satelite M200,L200,A200,L300 dll,lami bisa menyelesaikan masalah tersebut.

    hub: A.S-ONE NOTEBOOK
    jL.NUSA INDAH NO.10 PANDEAN CON-CAT,DEPOK,SLEMAN YOGYAKARTA.

    Tlp:0274-550586
    SMS:08122952736

  19. Pak saya punya masalah yang sama dengan itu
    tapi kenapa kalo saya memakai linux tidak ada masalah sama sekali dengan itu
    masalah itu baru timbul kalo saya memakai windows, baik itu XP, Vista maupun Seven.

  20. pak, laptop saya toshiba satellite m200, dan memang punya kejadian seperti diatas….untuk proses servicenya itu, diperkirakan berapa % berhasil untuk mendapatkan kondisi yang semula?…dan tepatnya pada dibagian mananya yang akan diservice?dgn perkiraan berapa besar harga service tsb?..thx sebelumnya,pak..

  21. Saya punya M200.Notebook akan langsung hang jika menggunakan adaptor, tetapi bisa running jika pakai batere saja, kemudian baru di colok ke listrik.

    Tapi sebelumnya, di bios wajib di setting Disable Multicore n Speed Always Low, Laptop baru bisa jalan di Windows.

    Apakah masalahnya di windows ? CPU atau Mainboardnya ?

    Kira kira brp biaya penggantiannya / service nya ?

    • masalah umum di toshiba seri satelitte, akibat panas yang tak terkontrol berpengaruh ke salah satu IC yang berhubungan dengan chipset vga.
      Apabila menggunakan OS windows bermasalah tetapi bila digunakan OS linux, gak ada masalah, jadi anda bisa simpulkan sendiri :)
      thanks atas sharingnya.
      biaya yang kami kenakan sekitar 900 rb, apabila gak ada kerusakan lain

  22. pak q mu nanya neh, punya q toshiba l300. kalau d hidupkan pasti muncul yang ada tulisan” safe mode,safe mode with networking, safe mode with command prompt, last know good…., ma start windows normaly,,,”
    Q pilih salah satunya tetep ja ngerestart dan kembali muncul safe mode tsb,,,,
    Q dah instal ulang py ga mau ke windows setupnya tp malah ngerestart,, sblumx Q pke XP3, Q mu instal pke XP2….
    kira2 solusi dan penyebabnya pa?
    thanks before,,,,

  23. Laptop merk apa yang cocok untuk desain grafis, maen game yang g terlalu berat, autocad, 3d max, corel draw, internetan…

    makasih pak….
    slam kenal….

    • untuk desain grafis pilih minimal core 2 duo, ddr 2 gb, grafis minimal 512, pilih merek yang tidak cepat panas. sy sarankan lenovo, atau sony vaio
      tapi yang terbaik untuk desain pastinya Apple Mac

  24. Assalamu alaikum. Sy punya laptop yg sama kasusx, kebetulan di makassar ji. Bs lgsng bw ke tamalate 8? Wsslm.

  25. Assalamu alaikum.
    Sy punya laptop toshiba yg sama kasusx, kebetulan di makassar ji. Bs lgsng sy bw ke tamalate 8? Wsslm.

  26. ass pak…
    Saya punya laptop m200
    Klo sy pake baterai nga ada masalah, tp klo saya colokin casnya tiba2 hang atau gambarx teracak-acak dan ter’restart …
    Kira’2 apanya yg masalah pak…???
    Terus berapa biayanya n kerjax berpa lama…..?
    Terima kasih atas bantuanx……

  27. Assalamu Alaikum…………
    Pak…. Saya Punya Keluhan dilaptop Toshiba Satellite L200 yang ber OS Windows XP Pack 2 saya yang Hang saat dicarger diwaktu Laptop kondisi Hidup, tapi kl kondisi Laptop Mati tidak ada masalah.
    Saya Sudah Mengganti Carger tapi tetap aja Hang, saya Cb Install Ulang Tapi dengan menggunakan Xp dan Vista jg hasilnya tetap Hang…tetapi batre tdk saya ganti dikarenakan saya tidak mempunyai batre cadangan yang sama dengan laptop Toshiba Satellite L200 Milik saya…
    pertanyaan saya apa yang harus saya perbuat untuk memperbaiki laptop saya saupaya tidak Hang lagi, tolong dibantu ya Pakkkkk…… saya sangat pening dengan masalahsaya ini….
    Salam Kenal dari Indra Matondang Di Medan.
    Makshhhhhhh…..

    • waalaikum salam
      maaf baru balas
      masalah yg dihadapi adalah msalah umum untuk toshiba seri satelite, kami bisa bantu kok, kirim aja ke t4 saya
      salam kenal balik
      wassalam

  28. ass …salam kenal master….
    nama saya yana,,saya memeiliki laptop toshiba satellite A205,,memiliki kasus seperti ini…: laptop normal selagi dipakai biasa2 saja ga da masalah, akan tetapi jika di charge laptop saya langsung hang,ga bisa dipakai baik touchpad,keyboard, dll nya…hingga akhirnya charge d cabut dan laptop musti di shutdown via tombol power,,anehnya apabila d charge dalam keadaan mati,,charge masuk dan ngisi sampe penuh…mohon bantuannya…..

  29. saya punya toshiba L200, setelah 2 tahun pake vista kmrn saya format xp, tp setelah itu setiap kali d charge dlm keadaan hidup laptop jadi hang (gambar rusak), tp klu pake batrei laptop normal. apa mungkin g cocok pake xp tp lebih cocok pake vista seperti kata bpk klu pake linux g ada masalah seperti di atas.
    makasih

  30. assalamualaikum. . . .
    mas , saya mwu nnya. . . , laptop hank ketika di colokin charger , itu pnyebab@ apa ya. . ?

  31. idem mas, toshiba l200, gambar jadi acak2an…piro yo as servis?

  32. Assalamualaikum
    sebelumnya salam kenal pak..
    laptop saya toshiba M-200. Kenapa selalu mati tiba-tiba ketika dihidupkan tetapi langsung restart sendiri.hal ini berulang2 ketika mau masuk atau sudah masuk windows dengan waktu yang tidak tentu..kadng 1 menit..mati…kadang sampai 5 menit kadang 10 menit mati..langsung restat lagi…kadang sudah 1 jam…original pake vista….karena sering mati2 tiba2 maka saya bawa keservice dan di instal dengan windows XP…tapi tetep aja hal itu terjadi…….mohon pencerahan kira2 solusinya gemana…pak..kalo misalnya ada yang perlu diganti….ganti sparepart apanya ?….dan kira2 perlu biaya berapa?

    terimakasih sebelumnya pak..
    Wassalam.
    Arbangi

    • waalaikum salam
      masalah yg bpk alami sering skali untuk m200, ada IC di blok power yg crash, dan harus diganti, kami bisa bantu pak, kirim unit nya ke t4 saya, untuk konfirmasi harga silakan call 085696663388, 0411 9191888 / Udi

  33. Salam kenal pak,
    mungkin bapak sudah bosan dg keluhan ini,,
    laptop saya M200 dg keluhan yg sama dan cm bs digunkn klu pke safe mode,,
    Bagi teman yg berdomsili di Plembang bisa benerin mslh ini tlng hubungin saya:)
    fully hope:

  34. Met malam pak… salam kenal
    maaf sebelumnya saya mau nannya masalah laptop saya merek toshiba..!! waktu pertama aku nyalain laptopnya hidup, tapi selang beberapa menit langsung mati total…..setelah aku hidupkan kembali ngak bisa nyala tapi setelah menunggu beberapa jam saya coba hidupkan kembali laptopnya bisa nyala…lalu beberapa menit kemudian mati kembali… apakah IC powernya yang sudah mokat..??? mohon pencerahan dari Bapak

    • salam kenal
      ada bebarpa penyebabnya, masalah di memori, coba dengan memori lain, kalau memori normal berarti di ic powernya yg harus diganti

  35. Pak Laptop saya Satelite L200 Kasusnya sama, bila pakai batre normal normal aja tapi bila dicolokin carger sambil dipakai langsung hang gambar acak – acakan saya tinggal di BOGOR JAWA BARAT, ada ga di tempat saya yang bisa perbaiki dan ongkosnya berapa ? Terima kasih Atas Bantuannya

  36. salam pak,
    saya punya leptop toshiba l200 dan kasusnya sama tpi alhamdulillah sekarang dah diperbaiki dan kembali ke kondisi normal, yang saya mo tanya bagaimana agar kerusakan ini tidak kembali lagi .

    • salam, ya ibarat pasien yg baru kluar dari RS, ya harus diperlakukan dengan hati2, jangan digunakan terlalu lama, cukup 2 jam, trus istirahat lagi, gunakan cooling pad

  37. asslmkm…pak saya mau nanya…saya punya laptop toshiba satellite A200…pertama dipake sih gak ada maslh…tape skrg udah error n gak bisa dipake lagi…mslhnya adalah laptop saya tiba2 saja tampilannya blank alias jd hitam…trus coba direstart tetap gak ada tampilan…biosnya juga tdk bisa tampil…pernah sy coba tunggu abis direstart, trus muncul system restore…tp stlh coba direstore tttp gak bisa masuk windows…jd pokoknya dari pertama hidupin laptop, gak ada gambarnya sama sekali alias item doang…padahal lampu lcdnya masih nyala…sy sdh coba bww ke SC TOSHIBA, trus disurh ganti main board yg setelah sy tanya ternyata harganya 2 jutaan lebih..trus kata mereka masukin aja laptopnya ke museum…enak aja ngomong gitu…kira2 bisa diperbaiki gak yah laptop saya?
    sekedar tambahan saya sdh memakainya dari thn 2007 n OSnya vista home premium…tolong pak pencerahannya…!!!!!kbtln sy tinggal d manado…

    • waalaikum salam
      mobonya msh bisa diperbaiki, ada ic nya yg masalah, memang orang toshiba slalu bilang gitu, ganti mb
      kalau ganti mmg gampang tapi harganya..
      sy bisa bantu, kiri, aja ke makassar, call sy di 0821 8811 5555

  38. selamat malam pak,,,,
    saya mau bertanya juga mohon bantuaannya,,,
    saya punya Toshiba l300,,sdh 2 tahun saya punya laptop ini,,,kenapa akhir2 ini laptop saya sering restart sendiri,,,awalnya saya kira terkena virus,,,setelah saya instal ulang windows 7nya ternyata masih suka merestart sendirinya,,,kira2 apanya yah yang kurang beres?????mohon pencerahannya pak….
    terima kasih…..

  39. Selamat sore Pak Uddin,
    Saya punya laptop Toshiba Satellite L300, setelah pemakaian 2 tahun akhir-akhir ini laptop saya sering restart sendiri dan kalo dinyalakan sambil di charge setelah beberapa menit pemakaian layar tiba-tiba jadi blank ( hitam ). Kira-kira apanya yang bermasalah pak? Terimakasih.

  40. Ass.Wr.Wb.
    Pa laptop saya toshiba satellite P15, kalo di-cas dlm keadaan off ngisi, tapi kalo laptop dalam keadaan on, trus di-cas, gak mau ngisi… Masalah nya dimana ya pa ? Kalo diservice kira2 berapa ? Makasih pa ya..
    Wass.

  41. pak,,layar laptop toshiba E105 saya sering keluar garis warna hijau,,biru,,merah…
    trus soundnya sangat kecil,, ketika di cas,, ada sentrum d casing laptop nya..
    kira 2 gmna solusinya dan apa masalahnya???

  42. selamat sore pak….laptop saya TOSHIBA M100, permasalahannya klo di charge dalam kondisi OFF atau baterai masih diatas 90% baterai bisa tercharge, namun klo d bawah 90 % tidak mau di charge..kira2 masalah di manany ya itu?baterai ato MB??mudah2an bukan di mobo nya…..thanks pak.

  43. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Laptop saya toshiba Satellite M200 akhir-akhir ini sering mengalami masalah bila dihidupkan semua berjalan normal, tapi kira-kira 15 menti kemudian gambar dimonitor sering goyang/bergetar kencang sehingga tidak jelas terlihat atau gambarnya hilang dan muncul gambar kotak kecil berwarna putih atau kadang2 biru posisinya tidak pasti tempatnya. Saya pernah bawa ke tempat service katanya chipsetnya yang kena. dan disarankan untuk ganti mobo. Menurut bapak kira-kira apa betul chipsetnya yang kena? apa betul ?. (mungkin kasusnya hampir sama dengan Sdr. Bastian dari Malang)

    • waalaikum salam, masalahnya sama dengan yg sering dialami satelite yg lain, ndak harus sampai ganti mobo, kalau di service cventre memang jawabannya gitu pak, sy bisa bantu

  44. salam pak udin, saya punya masalah dengan laptop toshiba satellite m200. laptop saya sekarang suka restart dengan tiba-tiba.
    kira-kira apa ya yang menjadi penyebabnya? apakah masalah pada windowsnya atau pada hardwarenya? terima kasih atas penjelasannya

    • o iya saya juga ingin bertanya bolehkah menggunakan laptop dengan baterai terlepas dan menggunakan adaptor? terima kasih atas jawabannya

  45. Assalamualaikum Wr.Wb.
    mohon bantuannya pak.. laptop saya toshiba tipe M300 EZ 100..permasalahannya ketika saya mau masuk windows tiba2 keluar tulisan wrong machine dan kadang2 jadi blur biru ada tulisan kalo erorr di hardware.. setelah sy install ulang ternyata ga mau nginstal..saya coba ganti RAM tetep saja g mau.. saya coba pake HDD teman te2p aja gak mau… kira2 yang rusak apa ya pak?? karena sy tanya ke servican yang rusak kalo gak HDD ya RAM..tapi saya ganti te2p gak mau nginstal windowsnya.. oh ys sy pake XP ori..sys coba pake vista, 7, smape ubuntu te2p gak mau… maaf sudah terlalu panjang pak…Makasih sebelumnya..

  46. hmmm…. bnar2 produk gagal….. sgt merugikan konsumen, palagi kerusakan muncul rata2 d atas 1 thn….

  47. tolong bisa minta alamatnya service di jogja mas

  48. selamat pagi mas, saya mau tanya ni, saya ada laptop satelit L200, kondisinya kl di tancap listrik ga mau di nyalain, indikator power nyala trus mati (seperti ga kuat ngankat daya gitu), tp kl pake batre normal2 saja, intinya setiap ada listrik masuk pasti toshiba restart dan ga mau nyala, kira2 kenapa ya mas?? terimakasih

  49. saya mengalami hal yg serupa, tp untuk kasus saya ternyata krn kipasnya mati. :) jadi ganti kipas saja. :)

  50. Salam kenal, pak.
    Saya punya Laptop Tohbisa L300 yang permasalahannya sebagai berikut :
    1. Jika menggunakan adaptor sering gagal loading ke sistem operasi windows XP, dengan gejala layar berkotak-kotak dan hang atau kalau bisa masuk ke sistem operasi, terkadang beberapa saat hang dengan layar kotak2, atau langsung restart tanpa diketahui sebabnya. Tetapi jika ‘diikuti’ laptop restart2 berulang2,…ya maka akan normal sendiri tanpa ada gangguan sampai beberapa jam…..
    2. Jika menggunakan baterai saja, maka laptop tidak akan bermasalah
    3. Jika menggunakan adaptor, tetapi jika loading ke safe mode, juga tidak akan restart2 ataupun hang.

    semula saya menduga ada permasalahan di driver VGA ataupun driver2 lainnya, trus dicoba uninstal driver satu persatu namun permasalahan tetap sama…….

    Kira-kira dimana permasalahannya, pak?
    – Jika disebut permasalahan pada adaptor ataupun blok power suplay, kenapa bisa berjalan di safe mode dengan lancar?
    – Jika disebut permasalahan pada driver,…sudah dicoba uninstall driver tetap bermasalah.

    Mohon sarannya, pak…Trims

    • Info terbaru tentang laptop saya L300…..Sorry bpk yg punya blog, saya sharing info di sini………….setelah berhari2 pusing 77 keliling,..dengan permasalahan di atas, jd saya akan berbagi cerita :
      1. Syukur kemarin saya backup system windows dengan acronis, jadi setiap ada permasalahan sistem operasi, saya tinggal restore, lumayan bisa menghemat waktu. Sambil nunggu proses restore, saya mikir terus, kalau memang benar ada permasalahan di blok power supply, kok selama restore gak ada restart/hang?????
      tapi kok ketika sudah masuk ke windows XP baru hang?……
      2. Antara penasaran, kesal dan panic….saya instal ulang lagi (fresh) dengan Ms Windows Black Edition….sampai semua proses instal selesai, ini laptop tidak restart atau hang……trus saya sok-sok ambil kesimpulan,..ternyata sistem operasinya yang bermasalah……
      3. Esok harinya saya kembali hidupkan laptop,…kembali berulah tuh,..baru aja mulai loading, lasung restart2….saya ikutin aja prosesnya…dalam hati berpikir, mgkin toshiba ini mesti dipanasin dulu mesinnya..h.e.h.e.he..he… ternyata salah..hampir 10x restart2….kok gak mau jg y?????…saya cabut kabel power adaptor, trus hidupkan laptop pake baterai….iseng2 ubah setingan Power Optionnya, yang semula Portable/Laptop >>>> trus saya ubah ke Home/Desk………..hasilnya adalah : sudah 2 hari ini saya bermain laptop Toshiba L300 dengan adaptor yang saya colokin ketika baterainya hampir habis,..tidak restar2 lagi…..smoga inilah cara penyelesaiannya….kalau bisa diterapkan di laptop lain ya SYUKUR banget…semoga cara ini ABADI KHUSUS UNTUK LAPTOP SAYA…he..he…..

      seandainya saja dalam beberapa hari ke depan ternyata kambuh lagi , saya punya rencana untuk ganti OS ke Ubuntu 10. Kalau pake ubuntu ternyata masih restart2….barulah saya akan ke Service Center terdekat dan terjangkau…..SALAM TOHBISA….

  51. salam kenal pak..nama saya jhony
    pak..saya mau tanyakan 1masalah ..laptop saya toshiba sattelite L300,apabila di colok adaptor maka layarnya akan putih kadang2 bs juga biru..hang gitu..kenapa kok bisa begitu yah pak??apa ada solusi dari bapak??
    terima kasih..

  52. ass. salam kenal pak.
    pak maaf saya punya toshiba satellite a305 dah sekirat 2 bulanan ini laptop saya sering mati sendiri ketika menjalankan program2 yang cukup berat seperti main game ataupun editing grafis,
    dan juga baru seminggu ini keyboardnya tiba2 sering ngehang jika saya tekan r maka akan keluar RF dan masih ada beberapa tombolyang menjadi seperti itu..maru kemarin huruf2 itu tidak dapat berpungsi..
    kira2 apa penyebab itu bisa terjadi dan sulusi apa yang harus saya lakukan..????

  53. Toshiba Satellite L300 saya punya masalah yang sama. Dicolok adaptor langsung hang atau restart tiba-tiba.
    Tapi kalo pake batere, tidak ada masalah.

    Bisa minta tolong panduan untuk memperbaiki sendiri??

    Saya berdomisili di sumatera utara

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  54. Assalamu’alaikum wr wb

    Saya ada laptop Toshiba A205, masalah kyk cerita diatas. Ketika di colokin power hang.

    Lokasi saya di Surabaya, bapak ga buka cabang ke sini?

  55. ass. salam kenal pak
    saya punya toshiba satelite L645 ketika di on kan, tetap login seperti biasa dan msuk ke windows, ttapi ketika dishutdown ato restart udh tidak mau login lagi menunggu smpe beberapa wktu, 1 smpe 2 jam kadang lebih baru bisa on lagi, trus jika masuk ke Bios langsung hang

    untuk sementara bisakah ada solusinya masalah diatas ya pak?….

  56. Ass Pak, Salam kenal.
    Laptop saya toshiba satellite A205, klo dicas langsung hang, klo gak pake batere powernya nyala tapi gak kerja.
    kenapa ya n gmn solusinya bisa kirim ke email saya.
    mohon bantuanya ya cz lg ngerjkn skripsi.
    TERIMA KASIH

  57. Assalamu’alaikum wr wb
    saya Syarief pak asal makassar, ada kendala di laptop saya Toshiba satellite U405, masalahnya yaitu pas permata masuk windows touchpad dan keyboard laptop saya gak berfungsi, tapi direstart ulang dengan menekan tombol power, laptop baru bisa berfungsi touchpad dan juga keyboardnya… pertama-tama seh agak jengkel dan juga risau pak, tetapi sudah sering digunakan jadi terbiasa …..
    apakah ada efek sampingnya klw sering di matiin trus lewat tombol power…?

    trus gimana caranya untuk ngatasi touchpad dan keyboard laptop saya yg sering hang……?

    mohon bantuannya pak..

    • waalaikum salam wrwb, kalau sering dimatikan paksa pengaruhnya ke hardisk, coba diinstall ulang windowsnya, terus cari update driver terbaru dri situsnya

  58. pak mau tanya, Laptop saya Acer AMD 4540,bila saya instal Os Windows gak ada problem apa-apa…
    tapi bila say instal linuk kok malah ada garis2 -garis jalan di Layarnya…kira-kira knp y pak??bila Lcd nya hang kok, di Windows g kelihatan n gak rusak???

  59. permisi pak udi, ikut2an nimbrung y.. :)
    mhn bantuannya,
    laptop saya Thosiba L300 mengalami masalah, jika usai dipake (di shutdown) trus mo dinyalakan lagi tdk bs… lampu indikatorny hanya kedip2 ketika ditekan tombol power.
    harus menunggu setengah hari br bs dinyalakan kembali,dan nyalanya normal.
    klo sdh di shutdown, hrs nunggu setengah hr lg agar bs memakainya.

    ada apakah dengan laptopku??? :)
    mhn sosulinya y pak… :) trims

  60. Sy sangat salut dgn cara dan hasil kerja Pak Udi. Pokoknya recomended Specialist Laptop. Tks atas bantuannya Pak Udi

  61. pa sy mau tanya,sy punya laptop toshiba m300..pada multibootnya tidak ad daftar cd\dvd???? jd sy tidak bisa instal laptop sy..dan klau mw di restar tidak bisa??? tetapi klau dshutdown bisa..

  62. Ass,
    Salam kenal pak
    Thanks banget atas posting bapak yang membuat saya lega,ternyata bukan lap top saya saja yang bermasalah seperti itu.
    Lap top saya Thosiba Satellite L200,kondisi sekarang di charger dalam kondisi mati dan kadang2 layar akan bergaris dan bergoyang dan bisa tiba-tiba mati.
    Saya sudah ganti hardisk di Thoshiba Servis Center.
    Bagaimana dengan kondisi seperti itu pak
    Thanks atas jawabannya

  63. Asslmualaikum..
    slm knal bro..

    sy Farid dari Palu, sy juga punya masalah dngn laptop sy Toshiba satelit L300 pada waktu dicas langsung restart tapi kalo pakai battery normal. ada apa sebenarnya apakah ada alat yg harus diganti atau bisa diperbaiki saja?

    mhon jwbnx

  64. Salam,

    Saya mau menanyakan tentang “cooling system eror” di laptop Toshiba Portege T-110. Kebetulan teman yg memiliki laptop yg persis dengan saya juga mengalami hal yang serupa. mohon masukannya. terima kasih ^_*

  65. Assalamualikum Wr.Wb
    Mau konsultasi nih Pak tentang Laptop punya saya, Toshiba Satelite L310. Permasalahannya kalau mau dipake laptop di nyalakan layarnya tidak muncul, terus nyalanya harus di colokin chargernya sampe 20-30 menit baru bisa nyala. Batrenya di lepaspun terus chargernya di masukin harus lama, baru ditekan powernya bisa nyala. Kira-kira diagnosa bapak apa yah ? Pemakaian kalo sudah nyala biasa bagus normal. terimakasih

  66. salam kenal pak.. mau tanya saya punya masalah dengan laptop toshiba satellite M200
    waktu instalasi dalam tengah perjalanan layar langsung drop dan bergaris2 tetapi kalo masuk ke bios tidak apa2.. Mohon Bantuannya terima kasih

  67. aslmlkum bpk ,, saiia adit
    [salam kenal bpk ]
    saya punya laptop TOSHIBA satellite L200 ,
    laptop saya ne , ada masalah dengan layar nya . layar nya dulu pernah kacau …. gelap and kabur” gitu . lalu di service … setelah di service , layar nya jadi malah terang bgt . kata nya ada yang rusak ama layar laptop saya … jadi gak bisa di atur pencahayaan nya ….
    kira” gimana solusi nya ya pak? apa nya yang rusak tu pak?
    truzz ,, saiaa pengen mengupgrade memory RAM saiiaa .. kira” Untuk Stl L200 ne brp ya pak batas max nya … mahal gak ya biaya upgrade nya
    [saiaa gak ngerti gitu pak ama laptop … jadi penjelasan nya mgkin rada” membingungkan bpk…]
    terim kasih pak atas coment nya

    • wss
      ya kmungkinan ada yg rusak di lcdnya, kalau mau normal hrs ganti lcd,
      memori maksimal L200 2 x 2gb jadi 4gb DDR2, harga perkeping 350 rb, yang second 200 rb

  68. Saya punya Toshiba Satellite L300 dual core (umur dah 2 th) punya masalah yang sama. Dicolok adaptor langsung hang atau restart tiba-tiba. Tapi kalo pake batere, tidak ada masalah.
    Sudah seminggu saya coba cari cara mengatasinya lewat forum-forum dari luar, banyak alternatif yg sudah saya coba secara software (karena gak berani buka lappy), akhirnya saya menemukan alternatif yg top.

    Buka Control Panel –> Device Manager –> Processor kemudian dissable salah satu processor yg ada, untuk catatan langkah ini hanya bisa dilakukan pada mode “safe Mode”.

    Kemudian restart dan masuk OS seperti biasa, setelah itu saya colok AC adapter saya tidak ada masalah sampai sekarang.
    Oh ya, saya menggunakan win XP sp.2, saya belom mencoba untuk OS yang lain.

  69. Assalamu alaikum Pak, Laptop saya Toshiba Satelit L 310 Proc T2390 1.86 Ghz , Nggak ada masalah sih karena saya pake XP, sudah 3 tahun saya pakai Battery masih tahan sampai 2 jam, tapi masalahnya kalau tidak dipakai kenapa batterynya habis sendiri ya Pak, apakah memang seperti itu untuk battery laptop lama? atau ada setting/utility untuk mengatasinya?
    Terima kasih sebelumnya pak..

  70. assalamualaikum Pak,saya punya satellite m200,gak bisa diinstal,pada saat nginstal selalu hang,gambarnya bergaris petak2,seperti vga rusak,saya minta tolong gimana cara mengatasinya?sebelumnya terima kasih banyak pak..

  71. Malam, Pak, mau nanya, ini Laptop saia Toshiba M200 (ato 300 saya lupa)-P430 sering freeze tiba2 dan kadang restart sendiri, saia kemarin baru format dan install ulang windows 7 (aslinya vista), sebelum install ulang jg sebenarnya uda sering bermasalah, suka hang tiba2 jg dan ga bisa diapa2in (jadinya sering matiin paksa dgn tekan tombol power lama2).
    Makanya saya install ulang windows, eh ternyata malah muncul masalah gini..
    awalnya saya mengira karena software2 tertentu, tp setelah coba2 tidak menggunakan software2 trsebut, trnyata masih sama aja..
    overheat jg spertinya bukan, krna fan-nya berjalan normal dan saia memakai software yg bisa untuk mengecek suhu2 pada hdd, processor, grafik, dll. Saya jadi bingung ini penyebabnya kenapa..
    Apa memang kebanyakna toshiba penyakitnya sperti ini yah…?laptop saya uda 4 tahun sih..
    Thx atas responnya, Pak..:)

  72. salam kenal pak syafruddin. Sy punya masalah pada laptop toshiba(seri satelite a200),permasalahanx
    1.terdengar bunyi beep 2x pada saat booting
    2. Tidak ad tampilan pada layar (tapi ad suara loading windows gt)
    solusi dr toshiba ganti vga yg hrgx 1/2 dari hrg laptop

    untuk permasalahan yg pertama,bunyi beep sy sdh cb ternyata salah 1 memoryx yg KO tp tetap gk ad tampilan dlayar, untuk masalah ini masih bisa dperbaiki tidak yah? Klu bisa brp biayax? And brp lama waktux? (aq wilayah makassarji) thanks.

    • salam kenal, bisa ji diperbaiki tanpa ganti mainboard, hubungi meka saja di 085255557788, atau 9191888, selesai 1 hari ji, biaya call mi saja

  73. salam pak,,,saya ikut nimprung mbahas toshiba ni,,aq tunggu tips2 berikutnya ya pak,,saya jg smbil bljar,,saring aja,,

  74. assalamualaikum pak,
    saya mau tanya,mungkin ini pertanyaan yang simple tapi saya tidak bisa mengatasinya sehingga butuh bantuan anda.
    saya punya laptop merek toshiba satellite L645 baru hampir 5 bulan yang lalu saya beli, yang jadi masalahnya tiba-tiba touchpad pada laptop untuk menggeser atas ke bawah dan sebaliknya tidak berfungsi, padahal waktu awal pembelian scrolling pada touchpad bisa digunakan. akan tetapi tombol klik kanan dan kiri pada touchpad masih bisa digunakan,
    saya harap anda bisa membantu saya dalam kasus saya,
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  75. Ass pak..
    Saya mau tanya laptop saya toshiba satelite L635, semalam setelah saya pake ngegame tau tau ngehang trus saya matiin manual..setelah itu malahan ga bisa hidup lagi, klo ditekan tombol power, indikator power hanya berkedip bersamaan dg indikator capslock..mohon bantuannya pak,terima kasih
    Wss

  76. laptop satelite l640 berbunyi awal booting kenapa ya??

  77. Slam knal pak,,
    Laptop saya kan M200, saya punya masalah pada layar laptop yang kadang timbul garis-garis, apakah itu bernasalah pada LCD atau yang lainnya, Mohon pnjelasan ya pak,,
    kalau original LCD laptop M200 kalau boleh tau berapa ya ??

  78. Saya punya toshiba satellite M200 yg saya beli tahun 2007,dan 6 bln lalu laptop saya white screen,saya bawa ke tempat service dan bisa diperbaiki,katanya hny karena pake cool fan n panas dn debu masuk ke lptop,kmudian skrg,awal2 hny sblum ada logo windows srg crash atau getar garis2 pada layar,tp kalo sdh masuk g pa2,dan skrg masuk ke windows bisa tp br 15 menit atau br masuk di password user malah hang atau crash,jadi saya hanya bisa masuk lewat safe mode dan smua berjalan normal,kenapa ya?terimakasih

  79. Mas kasih tau dong bagian mana yang mesti di ganti laptop konsumen saya toshiba A205 kalo di colok carger lasung hang,

    terima kasih atas bantuannya

    • Saya tinggal di bekasi n baru x ini ada servisan laptop yang di carger langsung hang

  80. salam kenal,,,
    Pak,laptop saya Toshiba Satelite L630 13″.
    1) Awalnya laptop sy baek2 saja, tp setelah 4 bulan laptop sy tiba2 mati. sudah saya charge seharian tp tidak bisa nyala kalo tidak pake adaptor. sudah sy bwa ke tempat service, dan sudah bisa normal. Tetapi anehnya, laptop sy sekarang cepat sekali panas padahal baru sy nyalakan 5 menit dan dari sisi kanan keluar angin yang panas sekali. Sudah pakai coolingpad tp tidak berpengaruh banyak.
    2) Jika batere dilepas, kemudian dipasang lagi laptop tidak mau menyala padahal kondisi baterei terisi 89%. bisa menyala tp harus dipancing terlebih dahulu dengan listrik
    Kenapa bisa seperti itu pak, apa kerusakan laptop sy sudah parah? skrg sy takut untuk menggunakan laptop sy, mn sy tidak mengerti tentang laptop.
    Sy harap Bapak mau memberikan solusi atas masalah sy, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 382 other followers

