Hati-Hati Menggunakan Partition Magic


Minggu lalu saya menerima servis Toshiba Satellite M100 dengan keluhan kinerja lambat. Sejak dibeli 2 thn lalu laptop ini belum pernah di install ulang Windows nya. Analisa saya standar aja, paling ada virus, atau beberapa file tercorrupt. Keputusan akhir ya.. Format ulang dan Install ulang. Kendala pertama adalah HDD 80 GB terpartisi hanya satu sementara kapasitas yang terpakai 60 GB, data nya harus dibackup. Salah satu cara yang paling praktis yaitu buat partisi dengan partition magic.

Tujuannya jelas, untuk memindahkan seua data dari drive C ke partisi baru yaitu D. Cara lain yaitu memindahkan data dengan menambah hardisk eksternal. Ini cara yang paling rendah resikonya meskipun agak lambat, karena transfer data via USB enclosure agak lambat apalagi data yg ditransfer cukup besar. Saya pilih cara pertama meskupun beresiko. Proses membuat partisi awalnya berjalan lancar sampai windows restart, pada saat booting ulang dan proses apply dari partition magic, tiba-tiba terhenti, error karena ditemukan bad sector, nah inilah resiko terbesar penggunaan partition magic, setelah dicek ulang semua data yang ada pada harddisk hilang !!.  Don’t worry.. di mata orang awam memang kelihatannya hilang, tapi sebenarnya data itu masih ada, hanya akses menuju ke data itu yang tidak ditemukan. Struktur data itu berbentuk tabel, inilah yang harus dicari.
Persoalan Data Recovery masih bisa ditangani dengan software khusus. Ada beberapa software yang bisa digunakan, antara lain :

  • Ontrack Easy Recovery Professional
  • Recuva
  • PC Inspector
  • Get Data Back
  • Stellar Phoenix
  • Easeus Data Recovery

Masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantara software yang paling bagus dan cocok digunakan untuk kasus kesalahan partisi adalah Easeus Data Recovery. Proses pencarian data nya paling cepat diantara semua dan file yang ditemukan tersusun berdasarkan struktur data sebelum direcovery.

Setelah sukses merecovery, kemudian data itu saya copy ke hardidsk lain. Kemudian untuk memperbaki bad sector hardisk saya gunakan Maxllf. Proses ini memakan waktu cukup lama sekitar 4 jam. Kemudian saya cek kembali dengan HDD Regenerator untuk mngembalikan harddisk ke kondisi seperti keluar dari pabrik. Setelah itu dilanjutkan dengan menginstall Windows XP, dan menjadikan HD dengan dua partisi. Semuanya berjalan lancar.

Proses recovery di atas serta perbaikan bad sector merupakan tip rahasia yang sering digunakan oleh teknisi profesional dan berpengalaman.

Semoga memberikan pencerahan

15 Responses

  1. Terima kasih atas pencerahannya sensei

  2. Tips yg sangat bermanfaat, sy pernah mengalami hal yg sama berhubung data dah hilang jd terlanjur diformat saja nanti stlah format baru data dikembalikan tapi butuh kejelian dan kesabaran krn struktur file tdk teratur.
    Btw nice info nih bro!

  3. Ini saya lagi mengalami masalah,saya ingin menambah partisi menggunakan partition magic 8,ternyata aplikasinya error,setelah itu saya Uninstall,malah Harddisk Saya yang Error,g mw msuk windows N diinstall ulang jg g mau….solusinya gmn???mohon Bantuannya….

    • masalahnya bukan dari eror partition magic klu HDD gak kedetect, tapi dari HDD nya yg mulai bermasalah

  4. assalamualaikum wr wb
    salam kenal pak. senang bisa bertanya pd pak udi.

    saya memiliki laptop lama Axioo NVG818P dengan spesifikasi :
    – intel core duo T2350 1,8Ghz/800/1M
    – intel chipset i945GM
    -1gb ddr2/5300/666
    -seagate momentus SATA1 80gb/5400

    1). sebelumnya saya menggunakan OS win xp pro 32 bit. setelah itu saya ganti dengan win 7 32 bit.karena saya ingin mengubah partisi di drive C dari 40gb menjadi 30gb, saya pake aplikasi partition magic 8. saya lupa jika program tersebut tidak bisa dijalankan di win vista,apalagi di win7. pas saya jalankan, muncul konfirmasi error tentunya.Nah,waktu laptop saya restart.muncullah masalah.setelah muncul BIOS, tiba2 muncul tulisan ini :
    “SMART failure predicted on Hard disk. Warning : Immediately backup ur data and replace ur harddisk drive. A failure maybe imminent. Press F1 to continue”…. yang singkatnya jika menurut saya intinya : harddisk akan rusak.mungkin karena ada bad sector.
    semenjak itulah jika akan loading windows,saya harus pencet F1 dahulu. saya pernah coba memformat harddisk, mengganti OS dengan win xp, namun tetap saja muncul tulisan itu. Iseng2 pernah saya coba mengecek harddisk dengan Seagate Tools, juga HDD regenerator, maupun SpinRite. memang terdeteksi adanya bad sector, tapi pas saya pilih opsi repaired/recover,itu bad sector bisa diilangin. Tapi tetap saja, pas harddisk saya pake, tetap muncul tulisan itu. saya juga pernah menancapkan itu harddisk di PC, dan tetap setelah BIOS muncul konfirmasi dari SMART BIOS jika harddisk error. secaraperforma,harddisk laptop saya normal2 saja.prosesloading ke windows tetap stabil dan cepat.begitu pula pas mencopi file dari dan ke harddisk.kecepatannya normal2 saja.apakah yang harus saya lakukan pak? apakah memang sudah waktunya saya ganti harddisk?

    terima kasih atas pencerahannya pak…

    • Assalamu Alaikum
      Salam kenal, thanks udah ke web saya
      penggunaan partition magic untuk hardisk yg sudah agak tua (dalam artian sudah mencapai max rotation) memang agak beresiko sebab, HD bekerja keras ktika menggunakan partition magic. otomatis moto servo nya sudah mulai melemah, inilah yg dibaca oleh program di BIOS dan program seperti spinrite, HDD reg sebagai bad sector, padahal bukan, memang gejalanya seperti bad sector tetapi bukan fisik, dan tidak ada cluster yg rusak.
      Salah satunya cara yg bisa dilakukan adalah low level format, mengembalikan ke dafault pabrik. bisa digunakan MaxLLF.
      Kalau HD nya dah normal sebaiknya jangan digunakan seagai primary master, karena gak tahan lama, paling digunakan untuk HD eksternal.

      • pak, saya jg mengalami hal yang sama,. laptop saya acer aspire 4741z baru, dan muncul pesan yang sama SMART failure predicted on Hard disk 0 : toshiba xxx
        di bios hardis terdeteksi toshiba, tp saat instal ulang partisi hardisk gak ada.. (setup cannot access this disk) mhn pencerahannya tnx b4

  5. wah makasih mas infonya :)

  6. Mau nanya pak. saya baru saja beli netbook DELL dengan SO Win7. karena hardisk baru ada 1 drive memartisinya dengan partition magic 8, ternyata tidak compatible karena ada peringatan tidak bisa. Akhirnya saya meremovenya melalui add and remove softwear, baru proses meremove tiba2 netbook mati.trus ketika saya nyalakan lagi muncul blue screen dan mati. saya ulangi lagi ada option repair dan windows normally. saya jalankan yang repair sampai proses akhir tetep tidak bisa repair automatis. Sebaiknya apa yang saya lakukan agar windows dapat bejalan seperti semula??
    trimakasih sebelumnya..

  7. matur suwun pakde….mantabss

  8. Saya pernah alami hal ini, saya sempat putus asa krn hdd terformat semua. Tanpa putus asa kesana-kemari mencari tau akhirnya saya gunakan Ontrack Easy Recovery Professional untuk mengembalikan semua data saya

  9. wahhh nice infoo nihhh

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 370 other followers

