Tidak ada tampilan pada LCD


Ada banyak orang tanya ke saya, laptop saya setelah jatuh kok gelap, atau laptop tiba2x gelap atau seperti mati total.

Sebenarnya komponen untuk tampilan ada beberapa macam

  1. VGA chipset
  2. Kabel flexibel
  3. Inverter /plyback di televisi
  4. LCD

Sehingga kalau gelap atau mati ada beberapa kemungkinan , kita bisa melacak dari vga dahulu. Ciri khas ny adalah coba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chip problem.  Silahkan bawa ke kami.

Sedangkan bila menyala , ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel.

Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemaungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) ,  inverter atau flex.

Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.

semoga bermanfaat

33 Responses

  1. kenapa yah
    lcd laptop saya tidak menyala
    padahal power(on/off) bisa menyala
    cpu menyala
    kenapa yah?

    • coba dulu connect laptop ke monitor external. klu ada tampilan berarti ada masalah pada LCD. masalah pada LCD bisa disebabkan oleh modul LCD nya sendiri, atau inverter nya, coba di cek dulu, maaf jawaban saya sebatas itu, sekedar analisa, kecuali saya mengecek langsung unitnya

  2. saya punya notebook forsa mengalami masalah seperti yang di atas. sudah dicoba pake monitor biasa ada tampilan win xp sebentar terus blank. dicoba di \bawa ke tempat service katanya kemungkinan bisa diperbaiki 50:50. kita2 masih bisa diperbaiki dan bisa digunakan lagi nggak yach ?
    terimakasih sebelumnya

    • analisa saya ada korslet pada socket vga di mainboard, masih bisa diperbaiki pak, silakan bawa ke tempat kami, klu masih garansi, di bawa aja ke service centre forsa, lokasi di mana om ?

      • penyebabnya pemakaian yang terlalu lama mengakibatkan panas berlebih dan berpengaruh pd vga di MB. next time pake cooling pad

  3. bgni mas Aku salah mencet setingan VGA,..ku pilih yang High .Trs monitornya jadi gelap,.gmna mas cara mengatasinya

    • coba di shutdown dgn tekan tombol power, trus booting lagi tekan F8 untuk masuk safe mode. trus aktifkan system restore nya., shutdown kembali, lalu restart lagi

  4. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat sekali khususnya untuk saya dan teman lainnya.

  5. Mas mau tanya,monitor laptop acer saya ga ada tampilanya,bagaimana solusinya

    • penyebabnya banyak mas, harus saya cek langsung, bisa jadi di vga nya, inverter atau balon lampu : kalau ada bayangan di LCD, atau mungkin layar LCD nya. cek dulu di monitor eksternal, klu ada tampilan artinya masalah di LCD module nya

  6. Mas ,.saya punya laptop toshiba,.tapi tiba2 layarnya jadi berkedip2,.ini terjadi karena pemakaian yg cukup lama.,trus saya matikan,.sekitar 1 jam saya hidupkan lagi udah normal keliatannya,..,tapi setelah di teliti di bagian paling bawah berkedip(taksbar).,itu kenapa ya mas??itu VGA ato kan LCD??ato flexinya?? klu overheat itu pengaruhnya apa aja??

    Terimakasih.

  7. saya ada acer travelmate 650 mati total, bahkan untuk power indikator saat charger di colokan juga tidak nya, apakah bis dibetulkan kembali ?
    catatan : ddr n hd tidak ada, ang penting unit laptopnya dapat bekerja dulu.

  8. ralat.
    aya ada laptop acer travelmate 650 mati total, bahkan untuk power indikator saat charger di colokan juga tidak nyala, apak bisa diperbaiki laptop tersebut ? Tks.
    Catatan : kndisi sekarang untuk ram dan hd tidak ada, yang penting unit laptopnya dapat bekerja/hidup kembali.

  9. ralat.
    saya ada laptop acer travelmate 650 mati total, bahkan untuk power indikator saat charger di colokan juga tidak nyala, apakah bisa diperbaiki laptop tersebut ? Tks.
    Catatan : kndisi sekarang untuk ram dan hd tidak ada, yang penting unit laptopnya dapat bekerja/hidup kembali dulu..

    • Untuk trvelmate 650 mati total masih bisa diperbaiki, kebetulan spare part untuk tipe ini saya punya

  10. mas mau tanya..
    saya punya sony vaio vgn-fz240e monitor mati total tapi laptop masih nyala..saya restart terus tapi tetep sama aja.
    sebelumnya saya pencet Fn+F7(mode LCD-kayaknya), kira2 kenapa ya??
    sebelum kejadian ini sering banget waktu dipake baik ngetik atau ngapain aja resolusi monitor berubah sendiri dari yang tadinya 1280 x 800 brubah jadi 640 x 480,jadi tampilannya gede2 gitu..
    tolong ya mas, soalnya penting banget nih..
    terima kasih sebelumnya..

  11. aku punya leptop secoun toshiba m200 jika aku pake 12 menit sampai 1 jam sering layarnya menjadi putih atau bergaris kuning tak beraturan,apa penebabnya dan dimana saya bisa memperbaikinya…?

  12. Mas, aku punya toshiba m100, awalnya ketika malam hari aku shut down gak ada masalah. Tetapi ketika esok paginya di booting, lcdnya blank. tapi bisa berhasil masuk ke windows, karena ada suara windows start. Lalu aku pake monitor external, tetapi gak ada tampilan. Aku perhatikan, kipasnya itu muter selang beberapa saat setelah booting. Gimana menurut mas? Apa masalahnya? Apa dari vganya ato kah dari supply daya yang bermasalah?

    terima kasih

    • kalau masih ada bunyi start windows brarti gak masalah, kalau colok ke monitor external tekan fn F5, kalau ada tampilan di monitor, brarti masalah di lcdnya, atau bisa juga inverternya

  13. tanya ,,,,laptop saya nyala,tampilan vistanya nyala,,tapi gelap,,lampu back nya mati,,tapi kalau laptop saya buka 45derajat saja bisa nyala,,ato kalo engselnya LCD saya tekan ke bawah bisa nya,,itu masalah pada apa ya,,lalau cara memperbaikinya gmn?????

    • bisa jadi lampu neon nya yg sdh mulai drop, atau bisa juga inverternya, cara ngetesnya yg paling bagus, harus ada lcd lain yang sejenis/seukuran, coba dipasang, kalau masalah tetap sama brarti di inverter atau neonnya, klu nyala normal, b rarti ganti lcd

  14. pa, saya mau tanya. masalah yang di alami pada netbook saya. sebelumnya netbook saya hidup normal, tapi setelah di ubah pada setingan bios yaitu pada///
    drive unknown yang pilihanya:
    -1 mb
    -8 mb
    -disable
    saya memilih yang disable, tadinya yang 8 mb (waktu masih hidup)
    ketika saya save setingan itu, layar malah tidak bisa hidup lagi. mohon solusinya ya.
    saya sangat membutuhkan hal itu.

  15. mas,nanya… lcd laptop 4732z nyala sebagian 1/4 dari layar, maksudnya gambar hanya tampil sekitar 1/4 dari layar. kira-kira rusaknya apa mas? kalau lcd ada ngak lcd scond. atau gimana solusinya. terima kasih.

  16. mas,..
    saya pnya laptop toshiba…tp gimana cara bersihin vga card toshiba sattelite M100,?
    tolong saya mas…
    trims..

  17. mas numpang nanya nie laptop saya hidup bahkan suara masuk windowsnya kedengaran tapi tampilannya kagak ada kira 2x permasalahannya kenapa dan apa yang harus saya lakukan kalau lcdnya rusak berapa harganya lcdnya 17 inch. mohon jawabannya mas

  18. mas numpang nanya ..aku punya tosiba nb 200..waktu mau dinyalain lcd blank kipas processor nyala sebentar trus mati tapi tombol power nyala.
    padahal tidak note book nya tidak pernah jatuh..tiba kaya gitu..
    kira2 apanya ya mas??
    makasih sebelumnya

  19. mas saya mau nanya. laptop saya HP model lama. system hang. tapi jika LCD di gerakkan maka akan normal kembali.(laptop di tengkurapkan) apa ya kira kira yang rusak?

  20. mas mau tanya… komputer dalam keadaan optimal.. nyoba2 rubah-rubah di sistem bios>> nyala masuk windows>> nginstal>> beres install >> tiba2 restart gtu aja… tapi jadi blank.. lampu power idup, lampu hdd mati… kemungkinan kesalahan di bios ya???
    trus cara reset bios ke default gmana?? klo di PC cabut batere jam 10 menit pasti reset tapi klo di laptop gmana??? mohon pencerahannn… sudah stuck kepala…. makasihhh….

    • kalau di pc memang cukup lepas batere atau di jumper, kalau di laptop data2 bios tersimpan di eeprom, tdk cukup dengan hanya melepas batere, ada alat khusus yg bisa digunakan, yaitu eeprom programer tpi harganya mahal, cara praktis yg bisa dipake, cabut batrerai kemudian buang semua arus yg ada di mainboard dengan jalan men short kan semua kapasitor dan elco

  21. mas saya punya laptop acer 4520….mslh nya dy hdp tp ga ad tmpln…sudah saya cb pake monitor external mau dy tampil.. saya cek lcd nya gelap bngt ka ad byngn windous nya sm se x….kira2 ap nya ya yg rusak??

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 378 other followers

